TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Cara Mencairkan Cumi Beku, Tetap Segar dan Gak Alot

Pilih cara yang paling memudahkanmu

ilustrasi cumi segar (pixabay.com/andreinanacca)

Intinya Sih...

  • Cumi-cumi disarankan untuk dicairkan terlebih dahulu sebelum dimasak agar matang sempurna dan tetap segar
  • Simpan cumi beku di dalam wadah tertutup di bagian bawah kulkas semalaman, lalu bilas dengan air dingin
  • Rendam cumi-cumi beku dalam plastik kedap udara berisi air dingin selama 30 menit atau gunakan microwave dengan mode defrost selama 1-2 menit

Cumi-cumi menjadi bahan makanan yang biasanya disimpan di dalam freezer, supaya lebih awet dan segar. Penyimpanan cumi seperti ini tentu membuatnya menjadi beku, sehingga harus dicairkan terlebih dahulu sebelum dimasak.

Pasalnya, tidak disarankan memasak makanan yang masih beku, karena akan membuatnya menjadi tidak matang sempurna. Meski tampak mudah, kamu harus tahu cara yang tepat untuk mencairkan cumi-cumi beku.

Penasaran bagaimana cara mencairkan cumi-cumi beku, agar tetap segar dan gak alot? Simak baik-baik informasinya berikut ini, ya!

1. Mencairkan cumi-cumi di kulkas

Ilustrasi cumi-cumi segar (unsplash.com/john_cameron)

Ini menjadi cara yang paling disarankan, karena tetap menjaga kesegaran cumi dengan baik. Simpan cumi beku di dalam wadah tertutup atau bungkus plastik, kemudian letakkan di bagian bawah kulkas. Biarkan selama semalaman hingga cumi benar-benar mencair.

Cara ini tidak hanya menjaga kualitas cumi, tetapi juga mengurangi risiko perkembangan bakteri. Setelah selesai, cukup bilas dengan air dingin, tiriskan, dan cumi siap diolah.

2. Mencairkan cumi dengan air dingin

ilustrasi cumi segar (pixabay.com/TWNN)

Jika ingin cara yang lebih cepat, kamu bisa menggunakan cara ini. Masukkan cumi-cumi beku ke dalam plastik kedap udara, lalu rendam dalam mangkuk berisi air dingin.

Pastikan air yang digunakan benar-benar dingin. Cukup rendam selama 30 menit, cumi-cumi akan mencair dan siap untuk diolah.

Baca Juga: Resep Cumi Cumi Masak Hitam yang lezat dan Bikin Ketagihan

3. Mencairkan cumi dengan microwave

ilustrasi cumi-cumi (unsplash.com/Victor Ung)

Untuk proses yang lebih cepat lagi, kamu bisa menggunakan microwave. Letakkan cumi beku di dalam wadah tahan panas, lalu atur microwave ke mode defrost, dan panaskan selama 1-2 menit.

Cek secara berkala, agar cumi-cumi tidak menjadi matang di bagian pinggirnya. Meskipun cara ini sangat cepat, perlu diingat bahwa tekstur cumi bisa sedikit berubah jika terlalu lama terkena panas.

Itulah beberapa cara mencairkan cumi-cumi beku, agar tetap segar dan gak alot. Semoga informasi ini bisa membantu kamu untuk mengolah cumi yang enak. Selamat mencoba. 

Baca Juga: 10 Tips Memilih Cumi Anti Amis, Jangan Mau Ketipu! 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya