TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Jenis Beras yang Cocok untuk Masak Nasi Goreng

Terasa lebih gurih dan teksturnya tidak menggumpal

Ilustrasi nasi goreng (pixabay.com/Sunday133)

Nasi goreng merupakan hidangan khas Indonesia ini disukai banyak orang, termasuk wisatawan mancanegara. Nasi goreng dapat diolah dengan berbagai jenis beras untuk menciptakan tekstur dan rasa yang sempurna.

Namun, tidak semua beras cocok untuk menghasilkan nasi goreng yang pulen dan tidak lengket. Nah, jika kamu ingin memasak nasi goreng yang enak di rumah, berikut tiga jenis beras yang cocok untuk masak nasi goreng.

1. Beras melati

Ilustrasi beras melati (pixabay.com/viarami)

Beras melati atau jasmine rice, terkenal dengan aroma harum yang khas. Selain itu, teksturnya lembut, tetapi tidak terlalu lengket. Cocok untuk nasi goreng yang ringan dengan sentuhan rasa aromatik yang lezat.

2. Beras putih berbiji panjang

ilustrasi beras putih berbiji panjang (pixabay.com/ImageParty)

Beras putih berbiji panjang atau long grain white rice memiliki karakteristik butiran yang tidak mudah menempel satu sama lain. Beras ini cocok untuk membuat nasi goreng yang kering dan tidak lembek. Hasilnya, nasi goreng terasa lebih gurih dan teksturnya tidak menggumpal.

Baca Juga: Review Nasi Goreng ala Sisca Soewitomo di The People's Cafe

3. Beras basmati

ilustrasi beras basmati (unsplash.com/Pierre Bamin)

Beras basmati dengan tekstur yang ringan dan panjang sering digunakan dalam hidangan khas Timur Tengah dan India. Ketika digunakan untuk nasi goreng, beras ini memberikan tekstur yang lebih renyah. Cocok untuk kamu yang suka variasi rasa dan tekstur berbeda.

Itulah beberapa beras yang cocok untuk nasi goreng. Dengan memilih jenis beras yang tepat, kamu bisa membuat nasi goreng yang nikmat sesuai dengan selera. Yuk, coba variasikan nasi gorengmu dengan salah satu jenis beras ini!

Baca Juga: Resep Nasi Goreng Susu ala Warung Om Bob, Creamy Banget!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya