TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hidangan Populer Khas Ethiopia, Lezat dan Unik

Pecinta kuliner merapat!

doro wat (instagram.com/fukusengama.porcelain)

Ethiopia adalah sebuah negara di Afrika yang berbatasan dengan Eritrea di bagian utara, Somalia di bagian timur, Kenya di bagian Selatan, dan Sudan Selatan di bagian barat. Meski terkenal akan destinasi wisatanya, tapi salah satu hal yang tak boleh kamu lewatkan saat datang ke sini adalah kulinernya.

Kuliner khas Ethiopia umumnya dicirikan oleh penggunaan sayur-sayuran, daging-dagingan, dan berbagai jenis rempah lokal. Selain itu, kulinernya juga dipengaruhi oleh berbagai etnis yang ada di Ethiopia dan negara tetangganya. Lima hidangan di bawah ini pun jadi yang terpopuler di Ethiopia. Yuk, kepoin!

1. Doro wat

ilustrasi doro wat (instagram.com/ministry_of_curry)

Doro wat adalah stew khas Ethiopia yang terbuat dari daging ayam yang dimarinasi dengan air perasan lemon. Ayam tadi juga akan dimasak bersama bahan-bahan lainnya, seperti bawang merah dan telur rebus.

Selain itu, doro wat juga menggunakan berbagai bumbu dan rempah, seperti jahe, bawang putih, garam, garam masala, kaldu ayam, dan barbere. Barbere sendiri merupakan campuran rempah yang umum digunakan dalam masakan Ethiopia dan Eritrea.

Doro wat adalah tipikal hidangan yang disajikan selama perayaan-perayaan besar, khususnya Natal. Doro wat umumnya dihidangkan bersama injera atau roti pipih khas Ethiopia.

Baca Juga: Ada Bubur sampai Pancake, Ini Dia 5 Menu Breakfast Sehat Khas Ethiopia

2. Genfo

ilustrasi genfo (instagram.com/samracooks)

Simpel, tapi lezat dan mengenyangkan, genfo jadi salah satu menu sarapan andalan masyarakat Ethiopia. Makanan ini merupakan olahan bubur yang terbuat dari tepung jelai yang direbus dalam air mendidih yang sebelumnya telah diberikan garam.

Campuran ini akan terus diaduk hingga konsistensinya kental dan padat seperti bubur. Setelah diletakkan di atas piring, bubur jelai akan diberikan lubang di bagian tengahnya. Nantinya lubang tersebut menjadi "wadah" untuk campuran berbere dan mentega yang telah dijernihkan kemudian diberi rempah atau niter kibbeh.

3. Kitfo

ilustrasi kitfo (instagram.com/travelhabesha)

Kitfo adalah makanan khas kawasan Gurage yang kini sudah sangat populer di seantero Ethiopia. Makanan ini umumnya menjadi sajian di perayaan tahunan dan acara keluarga. Di Ethiopia, kitfo umumnya dihidangkan bersama injera.

Kitfo sendiri terbuat dari daging mentah tanpa lemak yang dicincang hingga berukuran sangat kecil. Kemudian bahan-bahan tadi dicampurkan dengan kibbeh yang telah dilelehkan bersama berbagai jenis bumbu dan rempah, seperti mitmita (campuran rempah khas Ethiopia), kapulaga hitam, bubuk koseret, garam, dan lada hitam.

4. Injera

ilustrasi injera (instagram.com/reviewethio)

Setelah sempat disebutkan beberapa kali di atas, kalian pasti bertanya-tanya, seperti apa injera itu? Mengapa makanan ini seringkali jadi pelengkap hidangan lain?

Pada dasarnya, injera adalah makanan pokok di Eritrea dan Ethiopia. Maka dari itu, tak heran jika injera kerap kali disajikan dengan hidangan lain.

Bahan-bahan yang biasanya digunakan untuk membuat injera adalah tepung tef, tepung self-rising, garam, air hangat, dan ragi aktif kering. Sama seperti nasi, injera juga dapat disantap setiap waktu, baik saat sarapan, makan siang, ataupun makan malam.

Baca Juga: 5 Fakta Pisang Palsu Ethiopia, Dimakan Batang Bukan Buahnya

Verified Writer

Delilah Eleanor

Professional Daydreamer | deleanour@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya