TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Ide Gorengan Sehat, Dijamin Bikin Ketagihan!

Gak cuma sehat bahannya tapi juga cara pembuatannya

ilustrasi gorengan sehat (vecteezy.com/artantozora)

Intinya Sih...

  • Tempura sayur lebih sehat dengan menggunakan sedikit minyak saat menggoreng
  • Kakiage terdiri dari campuran sayuran yang dipotong kecil-kecil, bisa ditambahkan protein seperti udang kecil atau tahu
  • Tahu isi versi sehat dapat diisi dengan campuran sayur-sayuran segar dan digoreng dengan minyak secukupnya atau menggunakan air fryer

Gorengan memang salah satu camilan yang selalu menggoda selera, rasanya gurih dan teksturnya yang renyah membuat siapa pun sulit menolak. Sayangnya, banyak gorengan yang dijual di pasaran mengandung minyak berlebih dan tidak sehat. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa menikmati gorengan yang lebih sehat.

Ada berbagai macam gorengan yang dibuat dengan bahan-bahan lebih baik dan teknik memasak yang lebih sehat, lho. Nah, kali ini kita akan membahas lima jenis gorengan sehat yang bisa kamu nikmati tanpa rasa bersalah. Yuk, simak daftar gorengan sehat ini dan coba bayangkan betapa nikmatnya mereka sambil tetap menjaga kesehatan!

1. Tempura sayur

ilustrasi tempura (vecteezy.com/topntp26)

Tempura mungkin sudah gak asing lagi buat kamu, apalagi kalau suka makanan Jepang. Biasanya tempura ini disajikan dengan udang atau sayuran yang dibalut tepung dan digoreng hingga renyah. Nah, buat kamu yang mau gorengan lebih sehat, kamu bisa coba bikin tempura dari sayuran seperti wortel, brokoli, atau buncis. Dengan menggunakan sayuran sebagai bahan utamanya, tempura jadi lebih ringan dan sehat, apalagi kalau menggunakan minyak yang lebih sedikit saat menggorengnya.

Selain itu, keunikan tempura ini adalah adonannya yang tidak terlalu tebal, jadi sayuran di dalamnya tetap terasa segar dan tidak terlalu berminyak. Rasa gurih dari tempuranya juga tetap terasa, tapi dengan versi yang lebih sehat. Ditambah lagi, kamu bisa mencocol tempura dengan saus kecap asin yang khas atau dengan saus sambal untuk sensasi pedas. Tempura sayur ini cocok banget jadi camilan sore atau teman makan nasi. Dijamin, sekali gigit, bakal ketagihan makan tempura sayur deh!

2. Kakiage

ilustrasi kakiage (commons.wikimedia.org/Lombroso)

Kakiage juga salah satu gorengan khas Jepang yang bisa kamu coba. Bedanya dengan tempura, kakiage biasanya terdiri dari campuran sayuran yang dipotong kecil-kecil, seperti wortel, kentang, atau bawang bombay. Campuran ini kemudian dicampur dengan adonan tepung lalu digoreng hingga renyah. Nah, meski kakiage juga digoreng, kamu bisa membuatnya lebih sehat menggunakan lebih banyak sayuran dan sedikit minyak goreng. Selain itu, kamu juga bisa memilih sayuran sesuai selera atau menambahkan protein seperti udang kecil atau tahu.

Hal yang bikin kakiage ini menarik adalah teksturnya yang renyah di luar dan lembut di dalam. Setiap gigitannya pasti memberikan sensasi kriuk yang bikin ketagihan. Kamu bisa menikmatinya langsung sebagai camilan atau sebagai lauk tambahan untuk nasi. Rasanya yang gurih dan renyah ini bisa jadi cara asyik buat makan sayur tanpa terasa berat. Sekali coba kakiage yang kamu buat sendiri di rumah, pasti langsung jadi camilan favorit.

Baca Juga: 5 Macam Gorengan Jagung yang Sedap Maksimal

3. Tahu isi

ilustrasi tahu isi (vecteezy.com/acon11)

Tahu isi sudah menjadi camilan yang sangat populer di Indonesia. Namun, kalau kamu ingin versi yang lebih sehat, kamu bisa mengisi tahu dengan campuran sayur-sayuran segar seperti wortel, tauge, atau kubis. Selain membuat tahu isi jadi lebih sehat, tambahan sayur ini juga memberikan tekstur yang lebih bervariasi dalam setiap gigitannya. Dengan tahu yang lembut di luar dan isian sayur yang renyah di dalam, tahu isi versi sehat ini nggak akan kalah nikmat dari yang biasa dijual di pinggir jalan.

Agar lebih sehat lagi, kamu bisa menggunakan minyak secukupnya saja saat menggoreng. Alternatif lain adalah menggunakan air fryer untuk hasil yang tetap renyah tapi tanpa perlu banyak minyak. Rasa gurih dari tahu dan sayuran yang menyatu akan memberikan sensasi makan gorengan yang tetap lezat tanpa terlalu berminyak. Dengan tahu isi ini, makan gorengan tetap bisa jadi momen yang menyenangkan dan sehat.

4. Bakwan jagung

ilustrasi bakwan jagung (commons.wikimedia.org/Guilhem Vellut)

Bakwan jagung memang salah satu gorengan favorit banyak orang. Selain rasa bakwan jagung yang gurih, tekstur renyah dari jagung juga bikin bakwan ini jadi camilan yang susah ditolak. Untuk membuat bakwan jagung yang lebih sehat, kamu bisa mengurangi jumlah tepung dan lebih banyak menggunakan jagung manis segar. Dengan begitu, kamu bisa menikmati manisnya jagung yang alami tanpa terlalu banyak tepung yang bikin gorengan jadi berat.

Selain jagung, kamu juga bisa menambahkan sayuran lain seperti wortel atau daun bawang untuk memperkaya rasa dan tekstur. Saat menggoreng, gunakan minyak yang tidak terlalu banyak agar bakwan tidak terlalu berminyak. Hasilnya tetap renyah tapi lebih sehat. Bakwan jagung ini cocok jadi teman minum teh atau bahkan bisa jadi lauk pendamping nasi hingga sambal, lho. Setiap gigitan bakwan jagung pasti memberikan sensasi manis dan gurih yang bikin kamu pengen makan lagi dan lagi.

Verified Writer

Annisa Nur Fitriani

She goes Boom!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya