TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Bahan Pelengkap Sayur Sop, Mana Favoritmu?

Isian sayur sop jadi makin variatif

bakso (vecteezy.com/bigcxlotus)

Sayur sop jadi salah satu masakan yang sudah umum disajikan oleh orang Indonesia sebagai menu lauk. Kuahnya bening dan gurih begitu terasa menghangatkan badan. Tak heran jika sayur sop jadi bagian masakan sehat terfavorit. Makin klop kalau sayur sop dilengkapi bahan pelengkap.

Ragam bahan pelengkap ini gak hanya bikin porsi sayur sop makin berlimpah, namun juga kaya rasa. Kamu bisa memilih aneka bahan pelengkap untuk masak sayur sop seperti di bawah ini. Ada apa saja, ya?

1. Ceker ayam

ilustrasi ceker ayam (vecteezy.com/bigcxlotus)

Ceker ayam dikenal sebagai bagian kaki ayam yang tak terlepas dari sayur sop. Bagian kaki ayam ini memang memiliki sedikit daging dan cenderung berisi tulang. Namun, kandungan lemak didalamnya membuat rasa sayur sop menjadi sedap.

Sebelum menggunakan ceker ayam sebagai pelengkap sayur sop, pastikan kamu membersihkan ceker ayamnya terlebih dulu. Yakni, dengan membuang bagian kulit serta kuku. Barulah, ceker ayam siap untuk dimasak bersama sayur sop.

2. Bakso

ilustrasi bakso (vecteezy.com/bigcxlotus)

Bola-bola daging ini gak hanya ditemui dalam hidangan seperti bakso kuah hingga mi ayam. Namun, juga sajian lain seperti, sayur sop. Dengan adanya bakso tentu membuat suguhan sayur sop makin spesial. Gak heran kalau bakso merupakan salah satu pelengkap paling disukai dalam masakan sayur sop.

Mengingat ada berbagai macam varian daging bakso yang bisa kamu temui dipasaran, tentu membuatmu bisa memilih varian bakso sesuai selera. Tekstur bakso yang kenyal dengan dipadu kuah sayur sop yang gurih mampu menghangatkan badan dan meningkatkan nafsu makan.

Baca Juga: Resep Saus Bechamel Keju, Bahan Pelengkap Pasta yang Creamy Abis

3. Makaroni

ilustrasi makaroni (pexels.com/Sarah Chai)

Makaroni juga menjadi salah satu bahan yang bisa kamu jadikan pilihan dalam melengkapi masakan sayur sop. Dengan mengolah makaroni menjadi pelengkap sayur sop tentunya membuatmu tak melulu sajikan makaroni dalam hidangan pasta.

Rasanya lezat dengan tesktur kenyal, sayur sop isi makaroni cocok jadi sajian yang mengenyangkan. Hal ini karena makaroni terbuat dari tepung terigu dan telur sehingga bahan makanan jenis pasta ini tentu kaya akan karbohidrat.

4. Sosis

ilustrasi sosis (freepik.com/jcomp)

Alih-alih mengonsumsi sosis dengan cara digoreng dan itu merupakan hal yang membosankan. Mending kamu coba jadikan sosis sebagai pelengkap sayur sop. Sosis sendiri terbuat dari daging seperti bakso tapi bedanya sosis berbentuk panjang dan bewarna kecokelatan hingga kemerahan.

Macam-macam sosis bisa kamu temukan dipasaran, sehingga kamu bisa memilihnya menurut selera. Sementara itu, sosis memiliki kandungan protein. Dengan begitu, cocok menjadikan sosis sebagai pendamping sayur sop yang sedap dan gak membosankan.

5. Telur puyuh

ilustrasi telur puyuh (freepik.com/stockking)

Berbicara soal protein, telur puyuh juga menjadi bahan makanan yang mengandung protein. Ciri khas telur puyuh adalah kulit cangkang bermotif dan berbentuk mungil. Hal ini jadi alasan mengapa telur puyuh jarang diolah dengan cara digoreng melainkan direbus.

Hasil telur puyuh rebus ini gak melulu dimakan langsung. Namun, juga bisa diolah jadi masakan lain. Salah satunya jadi pelengkap sayur sop. Bentuknya kecil membuatmu butuh banyak telur puyuh supaya semua kebagian sayur sop dengan isian telur puyuh yang sedap ini.

6. Daging ayam

ilustrasi sayap ayam (freepik.com/jcomp)

Selain ceker, daging ayam pun gak kalah populer sebagai bahan makanan untuk pelengkap sayur sop. Daging ayam cocok jadi alternatif bagi kamu yang tidak suka ceker ayam. Untuk daging ayam sendiri biasanya orang-orang lebih memilih bagian paha atau sayap.

Hal ini karena paha dan sayap ayam memiliki bentuk sedang. Sehingga bagian daging ayam ini membuatmu tidak perlu repot untuk dipotong-potong. Sebagai pencinta ayam kamu harus coba sayur sop dengan isian daging yang kaya gizi ini.

Baca Juga: 10 Sayur Pelengkap Mie Instan biar Makin Kenyang, Awas Ngiler!

Verified Writer

Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya