TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Jenis Tomat dengan Bentuk dan Ukuran yang Beragam, Sudah Tahu?

Tomat itu nggak cuma bulat, lho!

ilustrasi tomat (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Selama ini mungkin kita tidak sadar, ternyata ada begitu banyak jenis tomat. Bukan satu atau dua saja, tomat hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran berbeda untuk bermacam-macam hidangan. Mulai dari tomat ceri yang kecil dan manis hingga tomat beefsteak yang besar dan berair, dunia tomat sangat beragam.

Setiap jenis tomat memiliki karakteristik dan keunikannya sendiri, baik dari rasa, tekstur, maupun kegunaan. Nah, bagi yang belum tahu beberapa jenis tomat, mari kita eksplorasi lebih lanjut. Berikut delapan jenis tomat dengan bentuk dan ukuran yang beragam, yang mungkin belum kamu tahu.

1. Tomat sayur, paling banyak digunakan untuk masak

ilustrasi tomat sayur (vecteezy.com/benj53877725)

Tomat sayur adalah salah satu jenis tomat yang paling umum digunakan untuk berbagai masakan. Rasanya yang asam manis membuat tomat satu ini sangat populer untuk hidangan seperti sambal, saus, dan sup. Warnanya sendiri bervariasi, ada yang merah, oranye kuning, hingga hijau.

2. Tomat buah, bentuknya bulat sempurna dan padat

ilustrasi tomat segar (pexels.com/Pixabay)

Disebut tomat buah, karena jenis yang satu ini memiliki bentuk bulat sempurna yang juga sering disebut sebagai globe tomato. Ukurannya tidak kecil dan tidak terlalu besar alias sedang dan dagingnya berarir. Tomat buah tampilannya cantik, punya kulit halus, dan berwarna merah cerah.

3. Tomat ceri, si mungil yang asam manis segar

ilustrasi tomat ceri (pexels.com/Jonathan Meyer)

Tomat ceri punya ukuran paling kecil dari tomat lainnya. Meksipun mungil, tomat ceri rasanya asam manis segar sehingga sering jadi pilihan utama untuk makanan, seperti salad, pasta, pizza, atau dicamil langsung. Warna tomat ceri pun bervariasi dari merah, kuning, oranye, bahkan hitam. Selain itu, tomat ini kaya akan vitamin A dan C.

4. Tomat anggur, kecil dan lonjong mirip anggur

ilustrasi tomat anggur (pexels.com/Asya Vlasova)

Sama seperti tomat ceri, tomat anggur juga sering jadi dicamil langsung. Salah satu varietas tomat Roma ini cukup populer lantaran bentuknya sangat menarik mirip anggur. Berukuran kecil dan praktis, tomat anggur sering jadi pelengkap hidangan, apalagi untuk sajian salad. Rasanya juga manis dan sedikit asam dengan tekstur yang renyah.

Baca Juga: 3 Vitamin yang Terkandung Dalam Tomat dan Manfaatnya untuk Tubuh Kamu

5. Tomat heirloom, punya ragam bentuk dan warna

ilustrasi tomat (unsplash.com/Vince Lee)

Tomat heirloom adalah tomat warisan yang ditanam secara organik dari benih tua dan diwariskan dari generasi ke generasi. Tomat ini memiliki beragam bentuk dan warna yang cantik. Ada warna merah, hijau, kuning, oranye, merah muda, hitam, ungu, putih, bahkan bicolor (kombinasi dua warna).

6. Tomat beefsteak, pilihan terbaik untuk sandwich dan burger

ilustrasi tomat beefsteak (pexels.com/mali maeder)

Tomat jadi salah satu slices yang selalu ada dalam tumpukan burger. Nah, tomat yang digunakan biasanya tomat beefsteak. Tomat beefsteak punya ukuran besar dengan daging tebal dan lembut, sehingga ideal untuk diiris dan dijadikan pelengkap burger atau sandwich. Selain itu, bentuknya juga bergelombang yang menampilkan kesan cantik saat diiris.

7. Tomat plum, tomat Roma yang terkenal untuk pasta

ilustrasi tomat (unsplash.com/Davies Designs Studio)

Menurut laman Samsung Food, tomat plum dahulu kala dikembangkan atas dorongan mencari tomat yang cocok untuk pengalengan, pembuatan saus, dan produksi pasta. Tomat plum berhasil dibudidayakan dan terkenal hingga sekarang. Tomat yang juga disebut tomat Roma ini bentuknya lonjong dan kecil, tetapi lebih besar dari tomat anggur. Kandungannya airnya sedikit karena dagingnya padat.

8. Tomat pir, sering jadi hiasan karena bentuknya unik

ilustrasi tomat (unsplash.com/Z Baker)

Seperti namanya, tomat pir bentuknya menyerupai buah pir, namun ukurannya lebih kecil. Walaupun teksturnya berair, tomat pir biasanya memiliki rasa manis yang lembut. Tomat ini sering digunakan dalam salad, dikonsumsi langsung sebagai camilan, atau jadi hiasan makanan karena bentuknya unik.

Mengetahui berbagai jenis tomat dapat membantu kita memilih mana yang tepat untuk hidangan tertentu. Misalnya, tomat plum untuk saus karena teksturnya padat atau tomat beefsteak untuk burger karena ukurannya besar. Tentu masih banyak jenis lainnya, tetapi delapan tomat di atas bisa dibilang paling umum dan populer.

Baca Juga: 7 Kesalahan dalam Menanam Tomat yang Bisa Merusak Hasil Panen

Verified Writer

Akromah Zonic

Dont be yourself, but be better :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya