TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Makanan Ini Bantu Mempercepat Proses Penyembuhan Pasca Operasi

Agar pemulihanmu dapat berjalan lebih cepat

ilustrasi makanan (pexels.com/Jane Doan)

Pembedahan atau operasi bisa jadi hal berat untuk dialami tubuh setiap orang. Apalagi jika tak ditangani dengan baik, ada risiko terjadinya infeksi atau pemulihan yang jauh lebih lama dari seharusnya. Sedangkan yang kamu mau tentu bisa sembuh dengan cepat dan diperbolehkan untuk pulang dari rumah sakit, kan. 

Maka dari itu salah satu hal yang sangat berpengaruh pada penyembuhanmu adalah pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh pasca operasi. Gak cuma sekedar makan makanan sehat saja, tapi akan lebih baik jika makan makanan yang dapat membantu proses penyembuhanmu. Dilansir Healthline,  berikut beberapa contohnya. 

1. Sayur-sayuran

ilustrasi sayuran (pexels.com/Cottonbro Studio)

Vitamin dan mineral yang terdapat dalam sayuran merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh dalam proses penyembuhan. Misalnya seperti sayur wortel, brokoli, paprika, bunga kol, kubis, kentang atau juga ubi jalar. Mengonsumsi sayuran ini akan menambah karbohidrat sehat yang dapat membantumu melawan kelelahan pasca operasi. 

Baca Juga: Hati-hati, 10 Bahan Makanan Ini Bisa Merusak Blendermu Lho!

2. Lemak baik dari kacang-kacangan, minyak sehat dan ikan

ilustrasi makanan (pexels.com/Vanessa Loring)

Perlu diketahui bahwa lemak sehat merupakan teman anda, terutama pasca operasi. Karena lemak sehat membantumu menyerap semua vitamin yang dibutuhkan tubuh dari buah dan sayuran yang dikonsumsi. Selain itu juga lemak sehat juga penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi kemungkinan infeksi, contohnya seperti dari kacang-kacangan, minyak zaitun dan kelapa, alpukat, hingga lemak sehat dari ikan. 

3. Daging atau alternatif lain

ilustrasi daging (pexels.com/Mali Maeder)

Setelah operasi tubuh kita membutuhkan banyak protein dan zat besi untuk membantu memperbaiki otot yang mungkin terluka selama operasi. Asam amino dalam protein membantu memperbaiki kerusakan otot dengan meregenerasi jaringan dan mempercepat penyembuhan luka, zat besi akan membantumu mendapatkan energi lebih cepat karena zat besi menciptakan sel darah baru. Beberapa contoh makanannya seperti daging unggas, makanan laut seperti ikan-ikanan, tahu dan telur. 

4. Telur

ilustrasi telur (pexels.com/Mona Sabha Cabreta)

Alam telah memberi kita makanan penyembuhan yang kaya akan protein dan nutrisi lengkap, seperti dalam telur. Karena satu butir telur mengandung 6 gram protein, vitamin A, E dan K, vitamin B kompleks, riboflavin, Asam Folat, kalsium hingga zat besi. Itulah kenapa orang-orang dari zaman dulu selalu memberikan telur pada orang-orang yang sedang dalam masa pemulihan pasca operasi. 

Baca Juga: 7 Cara Hilangkan Bau Makanan di Tangan, Sabun Saja Gak Cukup

Verified Writer

afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya