TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Harta Kekayaan Hermanto Tanoko, Crazy Rich yang Lahir di Kandang Ayam

Sempat duduki posisi orang terkaya ke-2 Indonesia

Hermanto Tanoko (Instagram/Hermanto Tanoko )

Jakarta, IDN Times - Salah satu orang terkaya di Indonesia, yakni Hermanto Tanoko punya pengalaman hidup yang mencengangkan. Crazy Rich asal Surabaya, Jawa Timur itu lahir di rumah kecil bekas kandang ayam.

Meski pernah melalui kehidupan yang sulit, Hermanto kini sukses menduduki urutan ke-17 dalam daftar orang terkaya di Indonesia per Juni 2024 versi majalah Forbes. Berapa nilai harta kekayaan Hermanto?

Yuk, simak kisahnya!

1. Punya harta Rp33,7 triliun

Hermanto Tanoko (Instagram/Hermanto Tanoko)

Dikutip dari situs resmi Forbes, Rabu (18/9/2024), nilai kekayaan Hermanto tercatat mencapai 2,2 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp33,77 triliun (kurs Rp15.350 per dolar AS).

Hermanto bersama keluarganya adalah pemilik perusahaan cat terkemuka di Indonesia, yakni PT Avia Avian Tbk (Avian).

Perusahaan itu awalnya didirikan sang ayah, Soetikno Tanoko di Sidoarjo, Jawa Timur pada 1 November 1978. Kemudian, Hermanto ikut mengelola perusahaan bersama sang kaka, Wijono Tanoko.

Dikutip dari situs resmi Avian Brands, saat ini Hermanto menjabat sebagai Komisaris Utama PT Avia Avian, dan Wijono Tanoko sebagai Direktur Utama.

2. Sempat menduduki peringkat ke-2 orang terkaya di Indonesia

Founder & President Moorlife, Hermanto Tanoko. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Pada Juli 2024 lalu, Hermanto Tanoko pernah menduduki peringkat kedua dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes. Hermanto menyalip sejumlah taipan batu bara hingga produsen rokok, yang selama ini menghuni daftar teratas lima orang terkaya RI.

Dia berada di atas peringkat raja batu bara Low Tuck Kwong di tempat ketiga, dan Hartono bersaudara di urutan empat dan lima. Sementara di posisi pertama masih ditempati Prajogo Pangestu.

Kala itu, harta kekayaan Hermanto tercatat mencapai 34,4 miliar dolar AS atau setara Rp553,84 triliun (kurs kala itu Rp16.100 per dolar AS). Kenaikan kekayaan Hermanto kala itu didukung sejumlah saham miliknya yang meningkat.

Berikut beberapa saham Hermanto yang menunjukkan performa apik pada paruh pertama 2024, yakni PT Avia Avian Tbk (AVIA) yang naik 11,61 persen, dan PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) yang melesat 83,72 persen. Selain itu, PT Penta Valent Tbk (PEVE) melonjak 54,84 persen, dan PT Mega Perintis Tbk (ZONE) terkerek 6,22 persen.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya