TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Provinsi dengan Jumlah Utang Pinjol Tertinggi, Jabar Juara

Disusul DKI Jakarta dan Jawa Timur

ilustrasi pinjol (Freepik.com)

Jakarta, IDN Times - Data terbaru dari Statistik Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (LPBBTI) memperlihatkan Jawa Barat (Jabar) sebagai penerima pinjaman online terbanyak di Indonesia.

“Statistik LPBBTI diterbitkan secara bulanan oleh Departemen Pengelolaan Data dan Statistik dan dapat diakses melalui situs resmi Otoritas Jasa Keuangan,” demikian dikutip IDN Times.

Baca Juga: 3 Cara Menghapus Data di Pinjol yang Belum Lunas

1. Termasuk pinjaman online berbasis syariah

ilustrasi menggunakan pinjaman online (freepik.com/freepik)

Sejak awal 2021, OJK telah mengandalkan data yang diperoleh dari Laporan Bulanan Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi untuk menyusun Statistik Fintech Lending.

Data-data tersebut disampaikan melalui Sistem Informasi Pelaporan Terintegrasi (SILARAS) dan kemudian diolah oleh Direktorat Statistik dan Informasi Institusi Keuangan Non-Bank (IKNB).

Penting untuk dicatat, data yang disajikan dalam statistik tersebut tidak hanya mencakup pinjaman konvensional, tetapi juga melibatkan pinjaman berbasis syariah.

2. Terbanyak Jawa Barat disusul Jakarta dan Jawa Timur

ilustrasi pinjaman online (pixabay.com/Jan Vašek)

Dari data yang diterbitkan oleh Departemen Pengelolaan Data dan Statistik Otorita Jasa Keuangan (OJK), terlihat bahwa Jawa Barat mendominasi dengan jumlah utang pinjol tertinggi, mencapai Rp5.666.670.000.

Kemudian diikuti oleh DKI Jakarta dengan Rp 3.587.770.000 dan Jawa Timur dengan Rp 3.021.060.000.

Peringkat selanjutnya diisi oleh Banten, Jawa Tengah, dan beberapa provinsi lainnya, menunjukkan pola distribusi pinjaman yang cenderung terpusat di pulau Jawa.

Provinsi-provinsi di luar Jawa, seperti Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, dan Bali, juga memiliki jumlah utang yang signifikan, meskipun tidak sebesar provinsi-provinsi di Jawa.

Baca Juga: Begini Cara Cek KTP Terdaftar di Pinjol

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya