TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Harta Kekayaan Dharma Pongrekun Cagub DKI Jakarta

Dharma Pongrekun menjadi satu-satunya cagub jalur independen

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur jalur independen, Dharma Pongrekun-Kun Wardana resmi mendaftarkan diri ke KPU DKI Jakarta pada Kamis (29/8/2024) malam.

Jakarta, IDN Times - Dharma Pongrekun adalah satu-satunya calon Gubernur (cagub) DKI Jakarta dari jalur independen yang mendaftar di Jakarta. Ia pernah menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), serta mantan Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri berpangkat Komisaris Jenderal (Purnawirawan).

Dharma, yang berasal dari Sulawesi Selatan, menjadi satu-satunya purnawirawan jenderal polisi yang telah mengonfirmasi kesiapannya untuk bersaing memperebutkan posisi sebagai "Gubernur DKI Jakarta 1".

Berpasangan dengan Kun Wardana Abyoto sebagai bakal calon wakil gubernur, keduanya telah menyerahkan bukti dukungan yang diperlukan untuk mencalonkan diri ke KPU DKI Jakarta.

Maju secara independen tentu harus siap baik secara dukungan maupun finansial. Lantas, berapa harta kekayaan Dharma Pongrekun?

Penasaran? Berikut IDN Times telah merangkum ulasan profil serta sumber harta kekayaan Dharma Pongrekun. Yuk, simak!

Baca Juga: Isu Calon Independen Cuma Boneka di Pilkada DKI, Dharma: Gak Apa-Apa

1. Pencalonan Dharma Pongrekun sebagai Cagub DKI Jakarta

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta jalur independen, Dharma Pongrekun dan Kun Wardhana usai menjalani pemeriksaan kesehatan selama sembilan jam di RSUD Tarakan, Jakarta, Minggu (1/9/2024). (IDN Times/Aji Pitoko)

Untuk bisa maju sebagai calon kepala daerah di Jakarta, calon independen harus memenuhi syarat dukungan warga di wilayah pencalonannya sebesar 7,5 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu.

Menurut data KPU DKI Jakarta, jumlah DPT pada Pemilu 2024 mencapai 8,25 juta orang. Artinya, setiap pasangan calon gubernur dan wakil gubernur independen perlu mendapatkan minimal 618.968 dukungan dari warga DKI Jakarta.

Sementara itu, pasangan Dharma-Kun mengklaim telah berhasil mengumpulkan 692.005 dukungan, dengan 116.337 di antaranya sudah diunggah ke dalam aplikasi Silon.

2. Profil singkat Dharma Pongrekun

(IDN Times/Firasat Nikmatullah)

Memiliki nama lengkap Dharma Pongrekun, ia menjabat sebagai Purnawirawan Perwira Tinggi (Pati) Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Pria yang lahir di Palu, Sulawesi Tengah pada 12 Januari 1966 ini adalah lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1988 dengan latar belakang di bidang reserse.

Pada masanya di Akpol, Dharma menerima penghargaan Adhi Makayasa, sebuah gelar kehormatan yang diberikan kepada lulusan terbaik dari Akpol dan Akademi Militer (Akmil). Sebelum pensiun, jenderal bintang tiga ini menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dari Juli 2019 hingga Oktober 2021.

Karier Dharma dimulai sebagai Pamen Polda Bengkulu. Ia juga pernah menjabat sebagai Kasat II Dit Narkoba Polda Bengkulu, Wadirreskrim.

Baca Juga: Janji Manis Dharma Pongrekun dan Bayi Ajaib di Pilkada DKI Jakarta

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya