TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Orang Terkaya Dunia di Agustus 2024 Versi Forbes, Ada Nama Baru!

Elon Musk konsisten menduduki puncak!

Instagram.com/jeffbezos+ Instagram.com/elonrmuskk

Menjelang akhir Agustus 2024, Forbes, majalah bisnis terkenal asal Amerika Serikat, kembali merilis daftar orang terkaya di dunia melalui situs resminya, Forbes Real Time Billionaires. Meskipun tidak banyak perubahan dari daftar sebelumnya, namun ada satu pendatang baru di urutan 10 besar.

Dia adalah Amancio Ortega. Pemilik brand fashion ternama Zara ini berhasil melampaui mantan CEO Microsoft Steve Ballmer, dan merebut posisi ke-10. Penasaran dengan urutannya?

Berikut IDN Times telah merangkum 10 daftar orang terkaya di dunia Agustus 2024 berdasarkan laporan Forbes Real Time Billionaires. Yuk, simak! 

1. Elon Musk

Elon Musk (x.com/elonmusk)

Siapa yang tak kenal Elon Musk? Seorang pengusaha asal Amerika Serikat ini konsisten berada di puncak daftar orang terkaya dunia Agustus 2024. Musk, yang menjabat sebagai CEO dari perusahaan mobil listrik terkenal Tesla, memiliki kekayaan sebesar 243,2 miliar dolar AS per 27 Agustus 2024. 

Selain Tesla, Elon juga memimpin perusahaan roket swasta, SpaceX, serta platform media sosial X, yang mungkin sebelumnya lebih dikenal dengan nama Twitter. Selain menjadi pimpinannya, ia juga memiliki saham di kedua perusahaan tersebut.

Baca Juga: 8 Pemilik Stasiun TV Terkaya di Indonesia, Triliuner!

2. Jeff Bezos

Jeff Bezos (techcrunch.com)

Kamu tahu Amazon? Betul, salah satu perusahaan e-commerce terbesar di dunia ini awal mulanya dipelopori oleh Jeff Bezos. Sebagai orang terkaya di dunia Agustus 2024 urutan kedua, kekayaan Jeff diperkirakan mencapai 194,2 miliar dolar AS. 

Hingga Juli 2021 menjabat sebagai CEO Amazon, sayangnya Jeff memutuskan untuk mengundurkan diri dari posisi tersebut dan sekarang menjadi Chairman perusahaan itu. Selain Amazon, Jeff Bezos juga memiliki The Washington Post, sebuah perusahaan media, dan Blue Origin, yang bergerak di bidang pengembangan roket dan teknologi luar angkasa.

Menariknya, ia bahkan sempat melakukan perjalanan ke luar angkasa pada Juli 2021.

3. Bernard Arnault & Keluarga

Bernard Arnault (Wikimedia Commons)

Siapa yang tak kenal berbagai produk branded internasional seperti Dior atau Louis Vuitton (LV)? Well, Bernard Arnault dan keluarganya merupakan pengelola berbagai merek tersebut di bawah naungan perusahaan Moet Hennessy Louis Vuitton (LVMH). 

Saat ini, kekayaan Bernard Arnault diperkirakan mencapai 193,8 miliar dolar AS. LVMH mengelola sekitar 70 merek fashion dan kosmetik terkenal di dunia, termasuk di antaranya Louis Vuitton, Christian Dior, Moet & Chandon, dan Sephora. 

Pada Januari 2021, LVMH juga membeli perusahaan perhiasan Tiffany & Co. dengan nilai 15,8 miliar dolar AS. Maka sudah tak heran jika keluarga berada ini masuk ke dalam daftar orang terkaya di dunia Agustus 2024.

4. Mark Zuckerberg

CEO Meta, Mark Zuckerberg. (twitter.com/Meta)

Mungkin beberapa di antara kamu sudah tak asing lagi dengan orang terkaya di dunia Agustus 2024 berikutnya ini. Mark Zuckerberg, pengusaha asal Amerika Serikat yang memulai usahanya dengan menciptakan Facebook ini dimulainya saat ia berumur 19 tahun pada 2004. 

Seiring waktu, bisnisnya terus tumbuh dan berkembang. Kini, di bawah perusahaan induk yang didirikannya yakni Meta, Mark juga mengelola beberapa platform media sosial besar seperti Instagram, WhatsApp, dan Threads. Total kekayaan Mark saat ini mencapai 180,5 miliar dolar AS. 

5. Larry Ellison

Larry Ellison (Flickr.com/Oracle PR)

Selanjutnya, orang terkaya di dunia Agustus 2024 ini adalah pendiri perusahaan perangkat lunak Oracle sejak 1977. Perjalanan kariernya sebagai SEO Oracle berjalan selama 37 tahun hingga 2014. 

Saat ini, Larry menjabat sebagai Ketua dan Chief Technology Officer (CTO) di perusahaan tersebut. Selain bisnis perangkat lunak, pengusaha asal Amerika Serikat ini juga aktif berinvestasi, termasuk memiliki saham besar di Tesla, perusahaan milik Elon Musk. 

Dia bahkan pernah menjadi anggota dewan direksi Tesla dari 2018 hingga 2020. Kekayaan Larry Ellison saat ini sudah mencapai 172,1 miliar dolar AS.

Baca Juga: Elon Musk Geser Posisi Taipan Barang Mewah Jadi Orang Terkaya Dunia

6. Warren Buffett

Warren Buffett (Flickr.com/Fortune Live Media)

Warren Buffett, yang sering dijuluki 'Oracle of Omaha', adalah salah satu investor paling sukses di dunia. Bagaimana tidak? Ia memimpin Berkshire Hathaway, sebuah perusahaan besar yang memiliki berbagai macam bisnis. 

Beberapa di antaranya seperti perusahaan asuransi Geico, jaringan restoran Dairy Queen, dan produsen baterai Duracell. Saat ini, kekayaannya mencapai 143 miliar dolar AS. 

7. Larry Page

Larry Page (Wikimedia Commons)

Larry Page adalah salah satu pendiri Google pada tahun 1998 bersama Sergey Brin, teman kuliahnya di Stanford. Mereka berdua menemukan algoritma PageRank yang menjadi dasar dari mesin pencari Google. 

Page pernah menjadi CEO Google hingga 2001, kemudian beralih menjadi CEO Alphabet atau perusahaan induk Google hingga 2019. Sayangnya, ia mengundurkan diri sebagai CEO Alphabet namun tetap terlibat sebagai anggota dewan dan pemegang saham utama. Menurut laporan sejak 27 Agustus 2024, kekayaan bersih Larry Page mencapai 138,3 miliar dolar AS.

8. Bill Gates

Bill Gates (Wikimedia Commons)

Pendiri dan mantan CEO Microsoft, Bill Gates, merupakan salah satu pengusaha sukses yang selama 25 tahun terakhir selalu berada di daftar orang terkaya di dunia. Selain mendapatkan uang dari Microsoft, perusahaan yang didirikannya, Bill Gates juga memiliki banyak investasi di berbagai perusahaan lain. 

Dalam laporan terakhir, saat ini kekayaan Bill Gates telah mencapai US$ 122 miliar.

9. Sergey Brin

Sergey Brin (Dok. Forbes SK)

Masih berhubungan dengan Larry Page, Sergey Brin merupakan salah satu sahabatnya yang turut mendirikan Google. Pada Desember 2019, Brin mundur dari posisinya sebagai Presiden Alphabet.

Meskipun begitu, ia tetap memiliki saham utama dan menjadi anggota dewan direksi Alphabet. Kekayaan bersih Sergey Brin mencapai 132,4 miliar dolar AS. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya