TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Kesalahan Finansial yang Paling Sering Dilakukan, Ada di Kamu?

Jangan diulangi!

Ilustrasi dompet kosong (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mengatur keuangan memang gak mudah, apalagi bagi seseorang yang baru memulai mengatur keuangan dari penghasilan pertama yang ia dapatkan. Maka dari itu, seseorang pun akan mengatur gajinya sesuai dengan apa yang ia butuhkan.

Bermodal minim pengetahuan ia akan mencoba mencukupi kebutuhan finansialnya. Namun, terdapat empat kesalahan finansial yang paling sering dilakukan seseorang seperti berikut ini, lho! Apakah ada di kamu salah satunya?

1. Menggunakan seluruh gaji

ilustrasi bermain gadget (pexels.com/Teona Swift)

Kesalahan yang sering dilakukan adalah menggunakan seluruh gaji untuk memenuhi biaya hidup sehari-hari. Tanpa kamu sadari hal ini akan memicu kebiasaan hidup boros bahkan kamu tidak ada menyimpan penghasilan gajimu untuk ditabung. Gak hanya itu, kamu pun akan menjadi terlalu loyal terhadap gajimu dan membeli kebutuhan yang tidak urgent sekalipun.

Melihat fenomena ini, sebaiknya kamu dapat mengelola budget yang kamu miliki, kemudian membaginya ke dalam post-post pengeluaran yang nantinya sangat penting dan mendesak. Kemudian kamu bisa menyisihkan sisa gajimu untuk kesenangan pribadimu.

2. Pengeluaran lebih besar dari pemasukan

Ilustrasi self reward (pexels.com/Gustavo Fring)

Yup! Mungkin sudah gak asing lagi dengan kata-kata tersebut, hal ini sering terjadi pada generasi milenial yang baru ingin mengelola keuangan. Kamu bisa mengatasinya dengan mencatat seluruh pengeluaranmu setiap bulannya.

Kamu bisa melakukan kroscek setiap pengeluaran terbesar dan yang gak penting agar dapat dikurangi sedemikian rupa. Dengan begitu, kamu akan lebih bijak mengelola keuangan serta bisa memilah-milah mana yang harus diutamakan apakah kebutuhan maupun keinginan.

Baca Juga: 5 Kesalahan Finansial di Masa Muda, Mudah Terlena

3. Mengutamakan gaya hidup

Ilustrasi berbelanja banyak (pexels.com/Borko Manigoda)

Katanya uang bisa membeli segalanya, dengan begitu apapun ingin saja dibeli. Pada kenyataannya hal tersebut gak sepenuhnya kamu butuhkan. Usut punya usut, sebagian orang lebih memilih menyempurnakan lifestyle untuk mendapat pengakuan dari orang lain.

Wah, sebaiknya mulai sekarang kamu harus mengubah mindset seperti ini ya? Jangan terlalu memaksakan dirimu jika penghasilanmu gak sesuai dengan gaya hidupmu atau orang lain.

Verified Writer

Naufal Azwari

Live it up!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya