TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Tanda Hubungan Kamu dengan Uang Gak Sehat, Yuk Perbaiki!

Mulai perbaiki hubunganmu dengan uang

ilustrasi mengeluarkan uang rupiah dari dompet (pexels.com/Ahsanjaya)

Uang memang aspek penting dalam hidup kita. Meski begitu, gak semua orang punya hubungan yang sehat dengan uang. Terkadang kita gak sadar bahwa cara kita memperlakukan uang bisa berdampak negatif pada kehidupan kita secara keseluruhan.

Penting banget untuk mengenali tanda-tanda kalau relationship kamu dengan uang gak sehat, supaya bisa segera diperbaiki. Berikut ini adalah enam pertanda bahwa hubungan kamu dengan uang mungkin perlu diperbaiki.

1. Kamu terus-menerus khawatir gak punya cukup uang

ilustrasi dompet kosong (pexels.com/Ahsanjaya)

Kalau kamu sering merasa khawatir dan cemas tentang uang, bahkan ketika gaji kamu cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, ini bisa jadi tanda kalau kamu punya ‘scarcity mindset’ terhadap uang. Menurut Stefanie O'Connell, seorang penasihat keuangan untuk generasi milenial, banyak orang yang merasa selalu kekurangan uang, meskipun sebenarnya mereka punya penghasilan tetap. "Ide bahwa uang selalu kurang menjadi dasar dari segala hal," ujarnya.

Cobalah untuk mulai memperhatikan contoh-contoh dalam hidupmu di mana uang mengalir dengan lancar, seperti gaji yang kamu terima secara rutin. Dengan begitu, kamu bisa mulai mengubah mindset tersebut dan menemukan lebih banyak peluang untuk hubungan yang lebih positif dengan uang.

2. Kamu merasa bersalah saat mengeluarkan uang

ilustrasi cewek terlihat murung (pexels.com/Khoa Võ)

Apakah kamu sering merasa bersalah setelah membeli sesuatu, bahkan jika itu adalah barang yang kamu butuhkan atau inginkan? Menurut Anthony Badillo, seorang perencana keuangan bersertifikat, merasa bersalah setelah mengeluarkan uang adalah tanda jelas bahwa kamu punya hubungan yang gak sehat dengan uang.

"Orang yang memiliki hubungan yang tidak sehat dengan uang sering kali kesulitan untuk membelanjakan uang pada diri mereka sendiri karena mereka tidak bisa membenarkannya di dalam kepala mereka," katanya.

Gak jarang, perasaan bersalah ini justru membuat kamu menyimpan uang lebih banyak dari yang seharusnya, dan akhirnya malah mengorbankan kenyamanan hidupmu.

Baca Juga: 5 Tanda Nyata Kamu Orang yang Boros, Gak Bijak Atur Keuangan

3. Kamu sering menghabiskan uang tanpa berpikir panjang

ilustrasi belanja online (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Di sisi lain, jika kamu cenderung menghabiskan uang secara sembrono dan sulit menahan diri untuk tidak membeli barang-barang yang tidak perlu, ini juga bisa menjadi tanda bahwa kamu gak punya hubungan yang sehat dengan uang.

Anthony Badillo menjelaskan bahwa beberapa orang sangat kesulitan untuk menahan diri dalam hal pengeluaran, dan sering kali menghabiskan lebih banyak dari yang mereka hasilkan. Jika kamu merasa terus-menerus berada dalam siklus pengeluaran yang berlebihan, mungkin saatnya untuk mengevaluasi kembali bagaimana kamu memperlakukan uang.

4. Kamu punya banyak utang kartu kredit

ilustrasi bayar dengan kartu kredit (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Utang kartu kredit yang menumpuk adalah salah satu tanda paling jelas bahwa hubungan kamu dengan uang perlu diperbaiki. Priya Malani, seorang penasihat keuangan untuk generasi milenial, mengatakan bahwa utang kartu kredit yang tinggi membuat hampir tidak mungkin untuk menabung.

"Jika kamu membayar utang kartu kredit, hampir pasti kamu tidak akan bisa menabung," ujarnya. Jika kamu merasa terus-menerus terjebak dalam lingkaran utang, penting untuk segera mengambil langkah-langkah untuk menguranginya dan memperbaiki hubungan kamu dengan uang.

Baca Juga: 7 Tips Memperbaiki Kondisi Keuangan yang Mulai Menipis, Wajib Tahu!

5. Kamu merasa harus mengeluarkan uang untuk bersenang-senang

ilustrasi mobil mewah (unsplash.com/Alex Iby)

Untuk sebagian orang, mengeluarkan uang adalah satu-satunya cara untuk merasa bahagia atau menikmati hidup. Menurut Eric Roberge, seorang perencana keuangan dan pendiri Beyond Your Hammock, seseorang yang memiliki hubungan sehat dengan uang bisa memisahkan dirinya dari situasi keuangan mereka.

"Tidak perlu menghabiskan uang untuk merasa baik atau menikmati momen," ujarnya.

Jika kamu merasa gak bisa bersenang-senang tanpa mengeluarkan uang, mungkin ini saatnya untuk mencari cara lain yang lebih sehat untuk menikmati hidup.

Verified Writer

L A L A

Warga Jakarta, dah itu aja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya