TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Siapa Owner Somethinc? Ini Profil dan Perjalanan Kariernya

Brand kosmetik lokal yang didirikan pada 2019

Irene Ursula, pemilik Somethinc (instagram.com/renevalerie)

Merek skincare dan kosmetik lokal, Somethinc mungkin sudah tidak asing bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Somethinc adalah salah satu brand perawatan wajah dan kecantikan yang terkenal di Indonesia. Saat ini, Somethinc juga masuk dalam daftar brand kosmetik terlaris di e-commerce Indonesia.

Somethinc memiliki berbagai produk rangkaian perawatan wajah hingga produk makeup dengan harga yang bervariasi. Mulai dari pembersih wajah, toner, serum, essence, hingga pelembap.

Kepopuleran Somethinc saat ini membuat banyak orang penasaran siapa sosok di baliknya. Berikut informasi tentang siapa owner Somethinc serta profil dan perjalanan karier bisnisnya di industri kecantikan Indonesia. Simak di bawah ini, ya!

1. Profil Irene Ursula, pemilik Somethinc

Irene Ursula, pemilik Somethinc (instagram.com/renevalerie)

Irene Ursula adalah pendiri sekaligus pemilik Somethinc, brand skincare dan kosmetik asal Indonesia. Irene merupakan pengusaha asal Tangerang yang lahir pada 1988 atau pada 2024 berusia 36 tahun. Dia merupakan lulusan Jurusan Akuntansi di Universitas Pelita Harapan (UPH).

Irene dikenal sebagai pengusaha di bidang kecantikan yang sukses di usia muda. Kabarnya, dia mulai tertarik dengan hobi di dunia kecantikan sejak masih di sekolah dasar. Hingga saat ini, dia menjadi pemilik Somethinc dan beberapa lini bisnis lainnya yang masih berkaitan dengan industri kecantikan dan perawatan diri.

2. Mendirikan beauty e-commerce pertama di Indonesia

Irene Ursula, pemilik Somethinc (instagram.com/renevalerie)

Sebelum mendirikan Somethinc, Irene Ursula ternyata sudah lama terjun di industri kecantikan Indonesia. Pada 2014, Irene mendirikan beauty e-commerce pertama di Indonesia bernama Beautyhaul (beautyhaul.com).

Beautyhaul merupakan situs jual beli online yang khusus menyediakan produk-produk perawatan wajah, makeup, dan perawatan tubuh secara umum. Seiring waktu, Beautyhaul berinovasi sebagai platform ekosistem kecantikan di Indonesia yang menyediakan beberapa layanan lain seperti Beauty Review, Blog, Loyalty Program, dan Skin Analysis.

Irene kemudian melebarkan jangkauan bisnis Beautyhaul dari yang awalnya platform e-commerce menjadi toko skincare dan kosmetik. Pada 2017, Irene mendirikan toko offline Beautyhaul pertama di Green Lake City, Tangerang.

Di toko Beautyhaul, orang-orang bisa berbelanja hingga mencoba produk tester. Saat ini, Beautyhaul sudah membuka sejumlah toko di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung, Solo, hingga Surabaya.

3. Mendirikan brand Somethinc

Irene Ursula, pemilik Somethinc (instagram.com/renevalerie)

Sukses dengan Beautyhaul, Irene Ursula berinisiatif untuk memiliki brand sendiri. Didukung dengan pasar kosmetik dan skincare di Indonesia yang makin berkembang, Irene akhirnya memberanikan diri untuk membangun perusahaan sendiri.

Pada Maret 2019, Irene Ursula mendirikan Somethinc yang kini dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Somethinc hadir dengan mengutamakan kualitas serta grade ingredients yang tinggi di kelasnya.

Saat awal peluncurannya, Somethinc tak langsung mudah diterima masyarakat. Ketika itu, Irene punya tugas untuk mengubah stigma masyarakat Indonesia yang masih banyak menganggap produk luar negeri pasti lebih bagus daripada produk lokal. Ditambah dengan adanya kesenjangan antara produk luar dan lokal yang akhirnya menghambat perkembangan industri kecantikan di Indonesia.

Dia pun berambisi untuk menghasilkan produk berkualitas yang dapat memenuhi ekspektasi konsumen lokal sekaligus mengubah stigma tentang produk lokal. Dia juga kerap mengedukasi masyarakat tentang skincare lokal yang berkualitas.

Baca Juga: Siapa Pemilik Skintific? Ini Asal Usul Perusahaannya

4. Punya bisnis klinik hingga brand parfum

Irene Ursula, pemilik Somethinc (instagram.com/renevalerie)

Belum puas dengan kesuksesan Somethinc, Irene Ursula terus berinovasi dengan melebarkan bisnisnya. Selain mengelola bisnis Somethinc, Irene juga memiliki brand khusus produk sunscreen bernama Amaterasun. Produk-produk Amaterasun, antara lain Physical Sunscreen, Transparent Sunscreen, Face Sunscreen, dan Body Sunscreen.

Irene juga mengelola klinik kecantikan bernama Somethinc Clinic di bawah PT Royal Pesona Indonesia. Somethinc Clinic beroperasi di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Somethinc Clinic menyediakan sejumlah layanan perawatan, mulai dari facialmedical peeling, pico laser, injection & skin booster, botox & filler, emsculpt, hair treatment, hingga hair removal IPL. Somethinc Clinic juga didukung oleh dokter terbaik dan profesional.

Selain itu, Irene juga memiliki bisnis parfum bernama HINT. Ada beberapa aroma parfum yang ditawarkan seperti bunga, woodycitrusyfloralspicy, fresh, hingga sweet. Harga parfum HINT juga cukup terjangkau, mulai dari Rp170 ribu hingga Rp200 ribuan.

Nah, itulah profil pemilik Somethinc serta karier dan bisnis yang dimilikinya. Kamu pernah membeli salah satu produknya?

Baca Juga: Siapa Pemilik ESQA Cosmetics? Ini Profil Lengkapnya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya