TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Siapa Direktur Utama Peruri? Ini Profil dan Kekayaannya

Memimpin Peruri sejak 2017

Dwina Septiana Wijaya, Direktur Utama Perum Peruri (peruri.co.id)

Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) merupakan Badan Usaha Milik Negara yang bertugas mencetak uang rupiah hingga mengeluarkan produk meterai untuk masyarakat. Peruri resmi berdiri sejak 1971 melalui merger antara Perusahaan Negara Arta Yasa dan Pertjetakan Kebajoran.

Seiring waktu, Peruri terus beradaptasi dengan perkembangan digital. Salah satunya dengan meluncurkan e-meterai atau meterai elektronik pada 2021 lalu. Saat ini, berbagai instansi pemerintah sudah menggunakan e-meterai untuk segala kebutuhan administrasi.

Di balik itu, ada sosok perempuan yang menjadi Direktur Utama Perum Peruri beberapa tahun ke belakang ini. Lalu, siapa Direktur Utama Peruri? Simak profil, karier, dan kekayaannya di bawah ini.

1. Profil Dwina Septiani Wijaya, Direktur Utama Peruri

Dwina Septiana Wijaya, Direktur Utama Perum Peruri (peruri.co.id)

Dwina Septiani Wijaya merupakan Direktur Utama Perum Peruri sejak 2017 sampai sekarang. Dwina lahir di Salatiga, 8 September 1965. Dia merupakan lulusan sarjana Teknik Sipil dan Perencanaan di Institut Teknologi Bandung pada 1989.

Setelah meraih gelar sarjana, Dwina melanjutkan pendidikan magisternya di beberapa universitas luar negeri. Dia mendapatkan gelar magister di Trium Emba Program, New York University pada 1993. Dia juga lulus dari London School of Economics (LSE) di Inggris dan HEC School of Management di Prancis pada 2009.

Saat ini, sebagai dirut, Dwina membawahkan beberapa direktur lainnya di Perum Peruri, yaitu:

  • Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko: Fajar Rizki
  • Direktur Digital Business: Farah Fitria Rahmayanti
  • Direktur SDM, Teknologi, dan Informasi: Gandung Anggoro Murdani
  • Direktur Currency & Security Solution: Saiful Bahri

2. Perjalanan karier Dwina Septiani Wijaya

Dwina Septiana Wijaya, Direktur Utama Perum Peruri (peruri.co.id)

Sebelum menjadi Dirut Peruri, Dwina Septiani Wijaya memiliki perjalanan karier yang cukup panjang. Dwina memulai kariernya sebagai Manajer Risiko Pengelolaan Dana di Bank Niaga Jakarta pada 1990-1994.

Empat tahun di dunia perbankan, Dwina pindah ke PT Bahana TCW Investment Management sebagai Manajer Portofolio pada 1994 hingga 2000.

Kariernya di Bahana TCW pun terbilang sukses. Pada 2002, dia dipromosikan menjadi Direktur Investasi. Hanya butuh setahun sebelum akhirnya Dwina ditunjuk menjadi Direktur Utama PT Bahana TCW.

Dwina menjadi dirut perusahaan joint-venture tersebut selama enam tahun, yakni 2003 hingga 2009. Lalu, dia sempat ditarik mundur menjadi Direktur Keuangan PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia pada 2009-2013 sebelum ditunjuk menjadi dirut perusahaan tersebut pada 2013.

Pada 2017, Dwina sempat didapuk menjadi Staf Khusus Menteri BUMN selama beberapa bulan. Di tahun yang sama, dia resmi ditunjuk sebagai Direktur Utama Perum Peruri. Setelah lima tahun kepemimpinan, Dwina kembali diangkat menjadi dirut oleh Menteri BUMN Erick Thohir pada 2022.

Baca Juga: 4 Sumber Kekayaan Erick Thohir, Totalnya Triliunan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya