TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

40 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Terdiri dari pengertian menurut ahli dalam dan luar negeri

Ilustrasi kelompok atau organisasi (canva.com)

Organisasi merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Sejak di bangku sekolah, kita sudah dikenalkan dengan berbagai organisasi yang bisa diikuti sebagai wadah untuk mengeksplor potensi diri.

Sebelum itu, para ahli dari berbagai negara sudah mengemukakan pendapatnya tentang konsep organisasi. Pengertian organisasi menurut para ahli berikut ini akan dijabarkan dari pengertiannya secara umum, menurut ahli dalam negeri, dan ahli dari luar negeri. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Pengertian organisasi secara umum

Ilustrasi organisasi (Unsplash.com/Austin Distel)

Sebelum mempelajari pengertian organisasi menurut para ahli, alangkah pentingnya untuk memahami pengertiannya secara umum. Secara umum, organisasi adalah kumpulan atau sekelompok orang dalam suatu wadah yang memiliki sebuah misi bersama.

Sebuah organisasi diisi oleh berbagai karakter dan sifat orang. Namun, semuanya memiliki satu kesamaan, yaitu kesamaan tujuan dan misi yang ingin dicapai bersama.

Konsep organisasi ini dipelajari dalam ilmu sosial, khususnya pada ilmu sosiologi, politik, manajemen, ekonomi, dan psikologi.

2. Pengertian organisasi menurut para ahli dalam negeri

Ilustrasi organisasi (Pexels/fauxels)

Terdapat beberapa pengertian organisasi menurut para ahli, seperti sosiolog dan ekonom dari dalam negeri. Berikut pengertiannya:

1. Sondang P. Siagian

Pengertian organisasi menurut Sondang P. Siagian adalah bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja sama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang atau beberapa yang disebut atasan dan seorang atau sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.

2. Malayu S.P. Hasibuan

Menurut Hasibuan, organisasi adalah sebuah sistem perserikatan formal, berstruktur, dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja.

3. Pradjudi Armosudiro

Menurut Armosudiro, organisasi merupakan struktur pembagia kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerja sama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.

4. M. Dahlan Al Barry

Menurut Dahlan Al Barry, organisasi adalah suatu pengaturan dan penyusunan pada bagian-bagian sampai menjadi satu kesatuan, aturan, dan susunan yang bersumber pada bagian sampai menjadi satu kesatuan yang teratur dan bergabung untuk bekerja dalam mencapai tujuan bersama.

5. Mistiani

Pengertian organisasi menurut Mistiani adalah suatu bentuk formal dari perkumpulan, kelompok, dan sekumpulan seseorang yang memiliki tujuan yang bersifat pribadi.

6. Janu Murdiyatmoko

Menurut Murdiyatmoko, organisasi merupakan satu sistem sosial yang mempunyai jati diri kolektif dengan cara yang tegas, program kerja yang pasti, prosedur, dan langkah-langkah dalam bekerja yang pasti.

7. W.J.S. Poerwadarminta

Pengertian organisasi menurut Poerwadarminta adalah susunan dan ketetapan dari beraneka macam sisi (orang atau grup) sampai menjadi satu kesatuan yang teratur.

8. Matthias Aroef

Matthias Aroef berpendapat bahwa sebuah organisasi akan terlaksana, jika sekelompok orang bekerja bersama-sama untuk memperoleh tujuannya.

Baca Juga: 25 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya