TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kapan Kartu Lansia Jakarta Cair? Ini Jadwal dan Cara Ceknya

Cair bulan Juni 2024

Distribusi Massal Kartu Anak Jakarta dan Kartu Lansia Jakarta di Jakut (Dok. Dinas Sosial)

Kartu Lansia Jakarta (KLJ) adalah program bantuan sosial dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kepada masyarakat lansia di Jakarta yang tidak mampu. Program KLJ dibuat pada akhir 2017 ketika Anies Baswedan-Sandiaga Uno menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur.

Bansos ini diberikan dalam bentuk kartu ATM dari Bank DKI yang bisa digunakan para penerimanya untuk bertransaksi. Penerima KLJ sendiri hanya untuk lansia berusia 60 tahun ke atas yang sudah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Pada 2024, Kartu Lansia Jakarta sudah memasuki Tahap 2. Lantas, kapan Kartu Lansia Jakarta Tahap 2 cair? Simak jadwal, besaran, dan cara cek bantuan KLJ di bawah ini.

1. Jadwal pencairan Kartu Lansia Jakarta Tahap 2

Distribusi Massal Kartu Anak Jakarta dan Kartu Lansia Jakarta di Jakut (Dok. Dinas Sosial)

Berdasarkan jadwal Dinas Sosial Pemprov DKI Jakarta, bantuan sosial Kartu Lansia Jakarta Tahap 2 akan cair pada Senin, 3 Juni 2024. Namun, jadwal ini masih bisa berubah menyesuaikan kebutuhan administrasi.

Dijelaskan bahwa pencairan Kartu Lansia Jakarta Tahap 2 kemungkinan akan mundur maksimal sampai 30 Juni 2024.

2. Besaran bansos Kartu Lansia Jakarta Tahap 2

Distribusi Massal Kartu Anak Jakarta dan Kartu Lansia Jakarta di Jakut (Dok. Dinas Sosial)

Kartu Lansia Jakarta memberikan uang tunai sebesar Rp2,4 juta dalam setahun kepada setiap lansia penerima bansos ini. Bansos KLJ akan diberikan dalam empat tahap yang dilakukan setiap tiga bulan sekali.

Pada setiap tahap, penerima KLJ akan menerima uang tunai Rp600 ribu yang langsung masuk ke rekening dan bisa digunakan untuk bertransaksi menggunakan kartu ATM.

Baca Juga: Deretan Bansos yang Cair Juni 2024

3. Cara cek penerima Kartu Lansia Jakarta

Situs resmi Pusdatin Kesos Dinas Sosial DKI Jakarta (siladu.jakarta.go.id)

Setiap orang bisa mengecek apakah sudah terdaftar sebagai penerima Kartu Lansia Jakarta atau belum. Berikut cara cek penerima Kartu Lansia Jakarta secara online:

  • Buka situs siladu.jakarta.go.id melalui browser HP atau laptop.
  • Masukkan NIK dan klik Cek.
  • Jika terdaftar, maka akan muncul data diri lansia yang terdaftar. Sedangkan jika tidak muncul, maka tidak terdaftar sebagai penerima KLJ.

Demikianlah penjelasan tentang jadwal pencairan Kartu Lansia Jakarta Tahap 2 serta besaran dan cara cek penerimanya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Cara Cek DTKS di Kemensos untuk Penerima Bansos!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya