TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Segini Gaji Sopir JakLingko Mikrotrans, di Bawah UMR?

Dihitung per hari

ilustrasi mikrotrans JakLingko (smartcity.jakarta.go.id)

JakLingko adalah sistem transportasi di Jakarta yang terintegrasi dengan beberapa moda seperti mikrotrans, metrotrans, dan TransJakarta. Mikrotrans JakLingko merupakan moda transportasi umum berupa angkot yang bisa dinikmati secara gratis dan melayani sekitar 94 rute di seluruh Jakarta.

Angkot JakLingko juga dilengkapi fasilitas seperti AC, running text berisi informasi rute, pintu sliding, TV, kursi busa, tombol darurat, CCTV, hingga palu pemecah kaca. Hal ini membuat mikrotrans JakLingko banyak diminati masyarakat untuk bermobilisasi seperti berangkat kerja, sekolah, dan berbagai tempat di Jakarta.

Tak sedikit yang penasaran dengan para sopir mikrotrans JakLingko, salah satunya terkait gaji yang diterima. Kira-kira berapa gaji sopir JakLingko mikrotrans? Berikut kisaran besaran gaji dan potongannya.

1. Gaji sopir JakLingko mikrotrans

ilustrasi mikrotrans JakLingko (smartcity.jakarta.go.id)

Berapakah gaji sopir Jaklingko? Sopir mikrotrans JakLingko menerima gaji sebesar Rp145 ribu - Rp150 ribu per hari. Dalam sebulan, setiap sopir JakLingko mendapatkan gaji sekitar Rp4,6 juta. Sayangnya, angka tersebut masih di bawah UMR Jakarta 2024 yang sebesar Rp5.067.381 per bulan.

Sopir JakLingko akan menerima gaji sebanyak dua kali dalam sebulan, yaitu 15 hari pertama dan 15 hari kedua. Selain itu, dengan gaji yang dihitung harian, para sopir biasanya hanya mengambil libur dua kali dalam sebulan.

2. Target harian sopir JakLingko mikrotrans

ilustrasi mikrotrans JakLingko (smartcity.jakarta.go.id)

Sopir JakLingko mikrotrans memiliki target harian yang harus dicapai berdasarkan kilometer. Berdasarkan kontrak kerja, setiap sopir ditargetkan mencapai 100 km per hari. Dikarenakan ada shift pagi dan siang, maka satu kendaraan mikrotrans ditarget 200 km setiap hari.

Namun, banyak sopir mikrotrans yang mengeluhkan bahwa target tersebut sering tidak tercapai karena kemacetan di Jakarta. Akibatnya, hal itu berpengaruh pada upah yang mereka terima.

Baca Juga: Daftar Gaji Dishub dan Tunjangannya Setiap Golongan, Cek!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya