TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gaji Satpam Bank di Indonesia Terbaru 2024, Tertarik?

Segini rata-rata gajinya

ilustrasi satpam (bspguard.co.id)

Saat berkunjung ke bank, biasanya petugas pertama yang menyambut pertama kali adalah satpam. Biasanya satpam akan membukakan pintu, menyambut, dan menanyakan keperluanmu datang ke bank dengan ramah.

Para satpam bank biasanya juga dibekali dengan pengetahuan tentang layanan bank, sehingga dapat memberi penjelasan kepada setiap nasabah yang datang sesuai keperluannya. Satpam bank juga akan mengambilkan nomor antrean dan mengarahkanmu untuk menunggu atau menuju bagian tertentu.

Terlepas dari itu, pekerjaan ini ternyata juga membuat sebagian orang penasaran seperti gaji, tugas, dan jenjang kariernya. Berikut kisaran gaji satpam bank di Indonesia serta tunjangan yang diterima setiap bulan.

1. Gaji satpam bank

ilustrasi satpam (bspguard.co.id)

Setiap bank negeri maupun swasta di Indonesia memiliki rentang gaji yang berbeda-beda kepada semua karyawannya, termasuk satpam. Gaji yang diberikan umumnya sudah di atas Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) sesuai wilayah kerja masing-masing.

Adapun gaji satpam bank di Indonesia mulai dari Rp3 juta hingga Rp6 juta per bulan. Selain menerima gaji, satpam di bank juga mendapatkan beberapa tunjangan, seperti:

  • Tunjangan Hari Raya (THR)
  • Tunjangan kesehatan
  • BPJS Ketenagakerjaan
  • Uang lembur
  • Tunjangan pembinaan
  • Tunjangan seragam

2. Tugas satpam bank

ilustrasi satpam (bspguard.co.id)

Tugas utama seorang satpam di bank adalah menjaga keamanan seluruh aset di area sebuah bank. Satpam bank juga bertugas menjaga keselamatan nasabah dan keamanan transaksi di area bank.

Tidak hanya itu, seorang satpam di bank biasanya juga menjadi petugas terdepan yang menjadi cerminan sebuah bank. Mereka harus berorientasi pada pelayanan dengan sikap-sikap seperti sigap, ramah, sopan, antusias, dan siap membantu nasabah yang datang.

Satpam bank juga bertugas menangani ketika terjadi keadaan darurat seperti kebakaran atau ancaman keamanan di bank. Mereka akan membantu mengevakuasi karyawan dan nasabah, memberikan pertolongan pertama jika dibutuhkan, hingga berkoordinasi dengan pihak berwenang.

Baca Juga: Berapa Gaji Pegawai Peruri? Segini Kisarannya per Bulan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya