TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Cara Mengatasi Transfer Gagal Tapi Saldo Berkurang

Pahami kemungkinan penyebabnya

ilustrasi ATM BRI (bri.co.id)

Pernah mengalami transfer uang gagal, tapi saldo di rekeningmu justru berkurang? Masalah ini kerap dialami nasabah bank yang tengah melakukan transaksi melalui mesin ATM, mobile banking, hingga internet banking.

Kemungkinan ada beberapa penyebab transfer gagal tapi saldo berkurang yang paling umum. Misalnya sistem bank sedang gangguan, transaksi dilakukan pada jam sibuk (9-10 pagi), dan jaringan internet tidak stabil.

Namun, ada cara mengatasi transfer gagal tapi saldo berkurang yang bisa dilakukan nasabah. Simak cara selengkapnya di artikel ini!

1. Simpan bukti transfer gagal

ilustrasi sedang membuka aplikasi BNI Mobile (Dok.BNI/Mockup Freepik)

Langkah pertama yang harus dilakukan setelah mengetahui transfer gagal dan saldo rekening berkurang adalah dengan menyimpan bukti yang menyatakan bahwa transfer gagal dan bukti saldo sudah berkurang.

Jika bertransaksi lewat mesin ATM, nasabah bisa memotret layar mesin yang menunjukkan kalau transaksi gagal. Sedangkan jika transaksi melalui mobile banking, nasabah bisa melakukan screen capture. Cara ini berguna sebagai bukti saat nasabah melakukan pelaporan ke pihak bank.

2. Cek mutasi rekening secara berkala

ilustrasi BRImo (bri.co.id)

Cara mengatasi transfer gagal tapi saldo berkurang yang kedua adalah dengan mengecek mutasi rekening secara berkala. Langkah ini bertujuan untuk mendapatkan bukti apakah transaksi tersebut memang gagal, sedang diproses, atau berhasil.

Cara cek mutasi rekening juga sangat mudah dan bisa melalui layanan mesin ATM maupun mobile banking

Baca Juga: 4 Cara Melacak Uang Salah Transfer dengan Cepat dan Mudah

3. Minta bukti mutasi rekening penerima

ilustrasi Transfer uang (pexels.com/Anete Lusina)

Cara mengatasi transfer gagal tapi saldo berkurang berikutnya adalah minta bukti mutasi rekening kepada penerima transfer. Sama seperti cara yang pertama, hal ini bisa menjadi bukti tambahan saat membuat laporan transfer gagal ke pihak bank.

Nasabah bisa meminta pihak penerima memotret layar mesin ATM atau screen capture layar HP yang menunjukkan saldo rekening tidak bertambah. Namun, cara ini akan sulit dilakukan jika nasabah melakukan transaksi ke pihak yang bukan pribadi seperti perusahaan.

Baca Juga: 4 Cara Mengembalikan Uang yang Salah Transfer, Jangan Panik!

4. Laporkan ke pihak bank

ilustrasi call center (freepik.com)

Cara yang terakhir adalah dengan membuat laporan ke pihak bank. Sampaikan keluhan bahwa kamu mengalami transfer uang gagal, tapi saldo di rekening sudah berkurang. Berikan bukti-bukti yang sudah dikumpulkan seperti bukti transfer gagal dan mutasi rekening pengirim dan penerima.

Nantinya, pihak bank akan memproses laporan nasabah. Jika memang terbukti transfer gagal dan saldo sudah berkurang, maka pihak bank akan mengembalikan uang tadi ke rekening nasabah pengirim.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi transfer gagal tapi saldo berkurang yang wajib diketahui. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: 4 Cara Hapus Daftar Transfer BCA agar Tidak Menumpuk

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya