TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

1 Ringgit Berapa Rupiah? Ini Kurs Terbaru dan Cara Ceknya

Pahami juga kurs beli dan kurs jual

Ilustrasi mata uang ringgit Malaysia (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Malaysia termasuk salah satu negara tujuan wisata favorit bagi orang-orang Indonesia untuk liburan. Beberapa daerah di Malaysia yang didatangi wisatawan, antara lain Kuala Lumpur, Sabah, hingga Pulau Pinang.

Saat liburan ke luar negeri, salah satu hal yang harus disiapkan adalah mata uang negara tujuan agar memudahkan saat membeli barang atau menggunakan jasa di sana. Jika ke Malaysia, wisatawan harus menukarkan mata uang rupiah ke ringgit di money changer di Indonesia atau Malaysia.

Sebelum menukar uang ringgit, ketahui dulu 1 ringgit berapa rupiah agar bisa memperkirakan jumlah uang yang ingin ditukarkan. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Uang 1 ringgit berapa rupiah?

ilustrasi uang (pixabay.com/Iqbal Nuril)

Perlu diketahui, nilai tukar mata uang setiap negara akan selalu berubah setiap waktu tergantung permintaan dan penawaran negara tersebut. Termasuk jika ingin menukar mata uang ringgit Malaysia (MYR) ke rupiah (IDR).

Berdasarkan laman resmi Bank Indonesia per 5 September 2024, kurs jual uang 1 ringgit sama dengan Rp3.585,32 dan kurs beli 1 ringgit sama dengan Rp3.546,38.

2. Perbedaan kurs jual dan kurs beli

ilustrasi mata uang Ringgit Malaysia (freepik.com/wirestock)

Lantas, tahukah kamu apa perbedaan kurs jual dan kurs beli? Sederhananya, kurs jual adalah kurs yang dipakai jika seseorang ingin menukarkan rupiah ke mata uang asing. Sedangkan kurs beli adalah kurs yang digunakan saat seseorang ingin menukarkan mata uang asing ke rupiah.

Jadi, jika kamu ingin menukarkan rupiah dengan mata uang asing, maka kurs yang dipakai adalah kurs jual. Jangan terbalik, ya!

Baca Juga: 10 Mata Uang Terendah di Dunia, Rupiah Nomor Berapa?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya