TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Waskita Garap 83 Proyek Strategis Nasional, Begini Perkembangannya 

Paling banyak proyek jalan tol

Kantor pusat PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT). (dok. Waskita)

Intinya Sih...

  • PT Waskita Karya mendapatkan penghargaan sebagai BUMN yang mengerjakan 83 Proyek Strategis Nasional (PSN).
  • Total investasi PSN diperkirakan mencapai Rp6.246,7 triliun, menyerap tenaga kerja sebanyak 2,71 juta orang.
  • Waskita Karya telah mengerjakan 83 proyek PSN, termasuk 44 jalan tol dan 8 bendungan yang sudah selesai.

Jakarta, IDN Times - PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) mendapatkan penghargaan dari pemerintah sebagai BUMN yang telah menggarap hingga 83 Proyek Strategis Nasional (PSN).

Adapun penghargaan itu diberikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam Peluncuran Geoportal Kebijakan Satu Peta 2.0 dan White Paper OMP Beyond 2024 serta Penyampaian Hasil Capaian PSN dan KEK di Jakarta.

Baca Juga: Waskita Masih Berdarah-darah, Butuh Dana Jumbo biar Sembuh

1. Pemerintah gelontorkan Rp6.246 triliun buat 233 PSN

Ilustrasi insentif. (IDN Times/Aditya Pratama)

Airlangga menyebutkan, sampai Juli 2024 telah ditetapkan sebanyak 233 Proyek Strategis Nasional (PSN). Rinciannya, sebanyak 218 berupa proyek dan 15 berupa program.

“Total nilai investasi dari seluruh PSN itu diperkirakan akan mencapai Rp6.246,7 triliun. Kemudian menyerap tenaga kerja sebanyak 2,71 juta orang,” kata Airlangga dikutip dari keterangan resmi Waskita, Selasa (23/7/2024).

2. Perkembangan PSN yang digarap Waskita

Ilustrasi produk precast PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP). (dok. WSBP)

Sampai Juli 2024 Waskita Karya telah mengerjakan 83 proyek PSN. Sebanyak 64 di antaranya sudah selesai, meliputi 44 jalan tol seperti Serpong-Cinere, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Solo-Kertosono, dan Pasuruan-Probolinggo.

Berikutnya delapan bendungan mencakup Tapin, Way Sekampung, Leuwikeris, Margatiga, serta Temef Paket 1. Ada juga beberapa proyek infrastruktur lainnya (gedung, irigasi, jembatan, dan sebagainya) telah rampung dibangun seperti SPAM Umbulan Regional Provinsi Jatim, Irigasi Tapin, juga Pengaman Pantai DKI Jakarta.

Sementara PSN yang masih dalam proses pembangunan ada 19 proyek. Delapan di antaranya berupa bendungan, mencakup Bendungan Temef di Nusa Tenggara Timur dengan realisasi hampir 100 persen dan Bendungan Bener Paket II di Purworejo, Jawa Tengah, kemajuan pembangunannya menyentuh hampir 50 persen.

Sedangkan 4 proyek lainnya berupa jalan tol, seperti Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (KAPB) Paket II di Kampung Sembawa-Kampung Bom Berlian, Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan, dengan realisasi 35 persen. Selanjutnya, ada 7 PSN infrastruktur lain yang masih berjalan meliputi Jembatan Musi di Palembang yang kemajuan pembangunannya telah mencapai lebih dari 70 persen.

“Proyek-proyek yang dikerjakan akan memberikan dampak positif bagi pembangunan dan peningkatan perekonomian nasional. Apalagi, beberapa proyek PSN yang dikerjakan perusahaan bahkan sudah selesai, salah satunya seperti Tol Cimanggis-Cibitung yang baru saja diresmikan,” ujar Direktur Utama Waskita Karya, Muhammad Hanugroho alias Oho.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya