TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Siapa Pemilik Pondok Indah Mall? Ternyata Salah Satu Orang Terkaya RI

Murdaya Poo pendiri PIM

Murdaya Poo (kanan) saat mengundurkan diri sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Golf Indonesia (PB PGI) pada 2022. (ANTARA/Muhammad Ramdan)

Intinya Sih...

  • Murdaya Poo adalah pendiri PIM, mal pertama di DKI Jakarta, dan merupakan pemilik PT Metropolitan Kentjana Tbk (MKPI).
  • PIM dibangun pada 1991 dan memiliki luas 103 meter persegi, terdiri dari PIM 1, PIM 2, PIM 3, dan Street Gallery.

Jakarta, IDN Times - Mal Pondok Indah atau sering disebut PIM (Pondok Indah Mall) adalah salah satu mal pertama di DKI Jakarta. Mal itu dibangun oleh PT Metropolitan Kentjana Tbk (MKPI).

MKPI adalah perusahaan milik Murdaya Widyawimarta Poo. Dilansir RTI, Murdaya Poo saat ini masih menjabat sebagai Komisaris MKPI. Ketiga anak Murdaya Poo juga menduduki posisi sebagai komisaris MKPI, yakni Prajna Murdaya, Karuna Murdaya, dan Metta Murdaya.

Baca Juga: 5 Perempuan Terkaya di Asia Tenggara, Taipan RI Jadi Jawara

1. PIM dibangun pada 1991

Pondok Indah Mall (PIM). (dok. PIM)

PIM dikembangkan MKPI bersama dengan perumahan elite Pondok Indah. Mal itu dibangun pada 1991. Pembangunan PIM mendorong pembangunan di berbagai wilayah di Ibu Kota.

PIM merupakan salah satu mal terbesar di Indonesia. Pusat perbelanjaan ini memiliki luas 103 meter persegi, yang terdiri dari PIM 1, PIM 2, PIM 3, dan Street Gallery.

Baca Juga: Orang Terkaya ke-2 di Asia Bangun Pembangkit EBT Terbesar di Dunia

2. Sosok Murdaya Poo pemilik PIM

Pondok Indah Mall (PIM). (dok. PIM)

Murdaya, konglomerat asal Blitar, Jawa Timur lahir pada 12 Januari 1946. Murdaya adalah mantan politikus, dan pernah menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada periode 2004-2009.

Murdaya merupakan pendiri Central Cipta Murdaya (CCM) Group. Dikutip dari situs ECC, CCM bergerak pada industri properti, manufaktur, ritel, teknologi informasi, konstruksi, perkebunan kelapa sait, dan juga industri kayu. CCM yang berdiri sejak 1984 kini telah memiliki lebih dari 50 anak usaha. Murdaya Poo juga sosok yang mendirikan Jakarta International Expo (JIEXPO).

Kesuksesannya di dunia bisnis tak diraihnya secara instan. Bahkan, Poo harus melalui perjuangan sebagai penjual koran di masa mudanya. Dia pun mengepakkan sayapnya ke bisnis kontraktor dengan mendirikan CCM.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya