TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

MotoGP Mandalika 2024 Ditargetkan Sumbang Rp4,3 T ke Ekonomi RI

Ditargetkan gaet lebih dari 100 ribu penonton

Penonton MotoGP Mandalika 2023 di tribun grandstand premium. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Jakarta, IDN Times - Penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2024 (Indonesian GP 2024) ditargetkan menciptakan perputaran uang hingga Rp4,3 triliun untuk perekonomian Indonesia.

MotoGP Mandalika putaran ketiga di Indonesia akan digelar pada 27-29 September 2024 mendatang. Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (InJourney), Maya Watono mengatakan ajang balap motor tersebut akan mendongkrak wisatawan ke Mandalika yang sudah ditetapkan sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

“Mandalika sebagai DPSP dengan pertumbuhan wisatawan nusantara tertinggi di tahun 2023, dan tingkat keterisian sirkuit mencapai hingga 240 hari dalam setahun, khususnya selama gelaran MotoGPTM yang tahun ini menjadi penyelenggaraan ketiga,” kata Maya dikutip dari keterangan resmi, Selasa (27/8/2024).

1. InJourney bidik 125 ribu penonton di MotoGP Mandalika

Potret Fabio Quartararo di Sirkuit Mandalika, Minggu (15/10/2023). (Twitter/@YamahaMotoGP).

MotoGP Mandalika tahun ini menggunakan tema Spirit of Indonesia. Pengunjung akan disuguhkan after-race music festival yang menampilkan band dan penyanyi ternama Indonesia dari berbagai genre.

Di hari pertama, penampilan akan dimeriahkan oleh Lombok Etnho Fusion dan Pelita Groove. Hari kedua akan menampilkan Slank, Geisha, dan Ada Band. Sementara hari terakhir akan diisi oleh penampilan Gigi, Ghea Youbi, dan DJ Yasmin.

Tahun lalu, MotoGP Mandalika diramaikan oleh 103 ribu penonton. Tahun ini, targetnya mencapai 125 ribu penonton.

Baca Juga: Ada Promo Tiket MotoGP Mandalika 2024 Cuma Rp1, Gini Cara Belinya!

2. RI pamerkan budaya lewat MotoGP Mandalika

Konferensi pers persiapan MotoGP Mandalika 2024 di Jakarta, Senin (26/8/2024). (dok. ITDC)

Chairman Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGPTM) 2024, Troy Warokka mengatakan nantinya MotoGP Mandalika akan dimeriahkan dengan berbagai acara tambahan (side event) yang menjadi alat untuk memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia kepada dunia.

“Sekaligus memperkuat posisi The Mandalika sebagai destinasi pariwisata unggulan. Bagi mereka yang tidak tertarik pada balapan, tersedia tiket festival yang memungkinkan pengunjung menikmati semua hiburan di luar lintasan balap dan mendapat pengalaman berkesan berkunjung ke Sirkuit kebanggaan Indonesia,” ucap Troy.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya