TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

MIND ID Mau Jadi Acuan Harga Komoditas Tambang Dunia

RI masih mengacu pada harga yang ditentukan pihak asing

Produksi timah PT Timah Tbk (TINS), anak usaha MIND ID. (dok. MIND ID)

Jakarta, IDN Times - BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID) mengejar target untuk menjadi pemimpin pasar sekaligus penentu harga komoditas di pasar global atau global price setter.

Direktur Utama MIND ID, Hendi Prio Santoso mengatakan pihaknya optimistis bisa meraih target tersebut, karena Indonesia memiliki cadangan mineral dan batu bara yang besar serta mampu membentuk aliansi strategis yang dapat mendukung upaya pengaturan harga di masa depan.

Baca Juga: MIND ID Perkuat Program Nilai Tambah Komoditas Mineral

1. Penentuan harga batu bara dan timah bergantung pada negara lain

ilustrasi batu bara (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Dalam produk batu bara, Indonesia masih bergantung pada indeks dari Australia atau negara lainnya. Padahal, Indonesia adalah produsen terbesar batu bara dunia hingga saat ini.

Indonesia juga belum menjadi penentu harga timah dunia meski memiliki kekayaan komoditas timah yang melimpah. Bersama China dan Peru, ketiga negara produsen utama ini dapat meniru skema Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) untuk melakukan price setting.

“Kami berharap, dalam waktu yang tidak terlalu lama, kami dapat menjadi global price setter. Ini adalah salah satu tujuan utama yang kami capai bersama di Grup MIND ID," kata Hendi dikutip dari keterangan resmi, Minggu (8/9/2024).

2. Posisi RI sebagai pemasok komoditas tambang dunia harus diperkuat

Produksi timah PT Timah Tbk (TINS), anak usaha MIND ID. (dok. MIND ID)

Hendi menuturkan bahwa Grup MIND ID berupaya meningkatkan kegiatan eksplorasi dengan agresif dan selektif, agar pengelolaan cadangan dapat lebih optimal untuk menjawab kebutuhan global.

Begitu juga dalam meningkatkan kapabilitas yang sudah dimiliki saat ini, mengembangkan skala bisnis hilir dan industrialisasi secara lebih jauh, sehingga mampu meningkatkan nilai tambah dari mineral yang dikelola.

Di samping itu, Grup MIND ID juga aktif membangun aliansi strategis untuk ekspansi bisnis hilirisasi baru yang akan semakin memperkuat posisi Indonesia di rantai pasok dunia.

Baca Juga: Profil BUMN MIND ID, Angkat Fuad Bawazier-Grace Natalie Jadi Komisaris

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya