TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kereta Cepat Whoosh Beroperasi Normal Mulai Pagi Ini

Prasarana Whoosh dinyatakan aman beroperasi usai gempa

Fasilitas Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh. (dok. KCIC)

Intinya Sih...

  • Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Whoosh beroperasi normal kembali setelah dibatalkan akibat gempa magnitudo 5 di Kabupaten Bandung.
  • Jumlah perjalanan kereta per hari normal kembali, dengan pemeriksaan menyeluruh untuk memastikan keselamatan perjalanan Whoosh.
  • Penumpang yang terdampak pembatalan 14 perjalanan kemarin dapat melakukan pembatalan tiket dengan bea tiket yang akan dikembalikan mencapai 100 persen.

Jakarta, IDN Times - Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Whoosh beroperasi normal kembali mulai pagi ini, Kamis (19/9/2024).

Kemarin, 14 perjalanan Whoosh dibatalkan akibat gempa magnitudo 5 dengan titik lokasi gempa di Kabupaten Bandung, yang berdekatan dengan lokasi jalur Kereta Cepat Whoosh.

Adapun perjalanan pertama akan dimulai pukul 05.50 WIB dari Stasiun Tegalluar Summarecon, dan 06.40 WIB dari Stasiun Halim.

1. KCIC operasikan 48 perjalanan kereta

On job training masinis Indonesia untuk mengemudi Kereta Cepat Whoosh. (dok. KCIC)

General Manager Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC), Eva Chairunisa mengatakan  jumlah perjalanan kereta per hari ini juga normal kembali, yakni 48 perjalanan per hari.

“Masyarakat yang sudah memiliki tiket tidak perlu khawatir karena tidak ada pembatalan perjalanan seperti yang sebelumnya terjadi,” ujar Eva, dikutip dari keterangan resmi.

Baca Juga: Perjalanan Batal akibat Gempa Bandung, KCIC Refund Tiket 100 Persen

2. Prasarana Whoosh dinyatakan aman meski ada gempa

Fasilitas Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh. (dok. KCIC)

KCIC sudah melakukan pemeriksaan secara mendetail dengan berbagai peralatan berteknologi tinggi untuk memastikan keselamatan perjalanan Whoosh.

Sesuai SOP Keselamatan dan Keamanan, Tim Kerja KCIC langsung melakukan pemeriksaan menggunakan Rail Car atau kereta perawatan.

Pemeriksaan menyeluruh dilakukan selama 4 jam untuk memastikan tidak ada faktor eksternal yang dapat mengganggu Jalur KCJB, seperti longsoran bukit batu dikanan kiri trase, longsoran tanah atau dampak alam lainnya.

Pemeriksaan menyeluruh dilakukan untuk semua jalur sepanjang 144 kilometer (km) dengan kondisi jalur yang sebagian besar melalui area perbukitan, adapun jalur kereta Whoosh terdiri:

  • Struktur jembatan dengan total panjang 82 km
  • 13 terowongan dengan total panjang 17 km
  • Jalur KA diatas tanah sepanjang 42 km.

Semalam, KCIC juga menjalankan Comprehensive Inspection Train (CIT) atau kereta inspeksi untuk memastikan kembali seluruh jalur whoosh dalam kondisi aman dilalui dengan kecepatan maksimal.

Dengan menggunakan CIT, pemeriksaan dapat lebih mendetail dan menyeluruh karena CIT memiliki berbagai perlengkapan dan sensor yang dapat langsung mengetahui kondisi prasarana Whoosh saat dilintasi.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya