TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kadin Kubu Anin: Munaslub Bukan Inisiatif Pemerintah

Kadin Kubu Anin nyatakan hasil Munaslub sah

Arsjad Rasjid vs Anindya Bakrie (IDN Times/Muhammad Surya)

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia, Nita Yudi menyatakan Munaslub Kadin yang dilaksanakan pada Sabtu (14/9/2024) lalu bukanlah inisiatif pemerintah.

Nita yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi), Nita Yudi menyatakan Munaslub dilaksanakan berdasarkan masukan sebelumnya dan surat permintaan resmi dari para ketua umum Kadin Daerah.

Baca Juga: Jaringan Pengusaha Sebut Munaslub Kadin Bukan Inisiatif Anindya Bakrie

1. Murni berdasarkan permintaan Kadin

Logo Kadin Indonesia (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Dalam pernyataan resmi gabungan pengusaha, Nita menyatakan Munaslub dijalankan karena Dewan Pertimbangan Kadin harus dapat memfasilitasi dan menjalankan Munaslub yang telah diminta.

“Semua murni dari Kadinda dan asosiasi sebagai Anggota Luar Biasa,” bunyi pernyataan Nita dalam keterangan resmi tersebut yang dikutip Minggu, (22/9/2024).

2. Asosiasi mitra Kadin sudah bahas soal kepemimpinan Arsjad sejak akhir 2023

Arsjad Rasjid (Tengah) saat menggelar konferensi pers di JS Luwansa terkait sengketa di KADIN, Minggu (15/9/2024) (IDN Times / Ridwan Aji Pitoko)

Kadin sendiri memiliki Anggota Luar Biasa (ALB) yang merupakan asosiasi-asosiasi pengusaha dari berbagai sektor. Menurut Ketua Harian Jaringan Pengusaha Nasional, Widiyanto Saputro, sejumlah ALB merasa Kadin terlalu jauh dari pemerintah sejak Arsjad Rasjid menjadi Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Hal itu sudah menjadi pembahasan ALB sejak akhir 2023. Kemudian, pada Juli lalu para ALB berkomunikasi intensif terkait kepemimpinan Kadin di tangan Arsjad.

Akhirnya, digelar Munaslub yang menetapkan Anindya Novyan Bakrie sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2024-2029, menggantikan Arsjad.

Baca Juga: Berapa Biaya Jadi Anggota Kadin? Ini Rinciannya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya