TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kabar Terbaru Uji Coba Minyak Jelantah Jadi Bioavtur

Minyak jelantah bisa jadi bahan baku avtur ramah lingkungan

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) uji coba pembuatan avtur ramah lingkungan atau bioavtur-sustainable aviation fuel (SAF). (dok. Pertamina)

Intinya Sih...

  • PT Pertamina membahas produksi bioavtur dari minyak jelantah sebagai bahan bakar ramah lingkungan.
  • Pertamina membahas ketersediaan pasokan minyak jelantah sebagai feedstock pembuatan bioavtur, termasuk pengepulan dari masyarakat di SPBU-SPBU Pertamina.

Jakarta, IDN Times - PT Pertamina (Persero) masih membahas wacana produksi avtur yang lebih ramah lingkungan, yakni bioavtur dari minyak goreng nabati bekas atau minyak jelantah.

Wacana itu sudah berkumandang sejak tahun lalu. SVP Business Development Pertamina, Wisnu Medan Santoso mengatakan, pihaknya saat ini tengah membahas bagaimana memastikan ketersediaan pasokan bahan baku (feedstock) pembuatan bioavtur, salah satunya dari minyak jelantah atau used cooking oil (UCO).

“Untuk SAF (sustainable aviation fuel) ini memang kita solve masalah feedstock-nya. Dan yang paling ideal memang minyak jelantah,” kata Wisnu dalam diskusi Penguatan BUMN Menuju Indonesia Emas di Sarinah, Jakarta, Selasa (10/9/2024).

1. Pertamina kaji pengepulan minyak jelantah di SPBU

Diskusi Penguatan BUMN Menuju Indonesia Emas. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Wisnu mengatakan, pihaknya juga membahas terkait pengepulan minyak jelantah dari masyarakat di SPBU-SPBU Pertamina. Minyak jelantah yang terkumpul bisa digunakan sebagai bahan baku bioavtur.

“Sampai saat ini ada beberapa alternatif yang sedang kami coba pikirkan, kira-kira memanfaatkan jaringan SPBU kami yang ada di banyak di Indonesia, bagaimana itu bisa kami manfaatkan sebagai sarana pengumpulan (minyak jelantah)," tutur Wisnu.

Baca Juga: Pemerintah Minta Pengusaha Mengalah dengan UMKM di Ceruk Bioavtur

2. Masih dalam tahap pembahasan

SVP Business Development Pertamina, Wisnu Medan Santoso. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Namun, wacana pengepulan minyak jelantah di SPBU Pertamina itu masih dalam tahap pembahasan.

"Terus terang ini belum firm, baru eksplorasi, baru brainstorming, tapi tanpa feedstock yang cukup memang agak sulit mengembangkan proyeknya," ucap Wisnu.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya