TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

IKN Dibangun Pakai Teknologi Pemetaan Canggih, Apa Itu?

Teknologi digital geospasial diterapkan

Leica Innovate Asia Tour 2024. (dok. Leica Geosystems Indonesia)

Jakarta, IDN Times - Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim) masih berlanjut. Dalam pembangunannya, pemerintah melakukan pemetaan geografis dengan teknologi geospasial canggih dari Leica Geosystems.

Kepala Bidang Data dan Informasi di Pusat Data Informasi dan Teknologi (PUSDATIN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Komang Sri Hartini, mengatakan teknologi digital geospasial digunakan untuk memastikan pembangunan IKN dilakukan secara berkelanjutan.

Hal itu diungkapkan Komang saat menjadi pembicara dalam diskusi bertajuk Building the Future: Digital Geospatial Innovation for Industry Advancement and Safety Leica Innovate Asia Tour 2024 di Balikpapan.

1. Teknologi geospasial dorong penerapan keselamatan kerja

Istana Garuda IKN (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Acara tersebut dikemas sebagai wadah edukasi dan diskusi, yang tujuannya memberikan solusi terbaik untuk pengembangan industri yang berkelanjutan dan peningkatan keselamatan kerja bagi berbagai sektor di Indonesia.

Di sisi lain, Kepala Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Kalimantan Timur, Bambang Arwanto AP mengatakan teknologi geospasial membantu dalam integrasi perizinan dan pengelolaan lahan pertambangan di wilayah Kalimantan Timur.

Baca Juga: Jokowi Klaim Investasi Asing di IKN Tembus Rp1,15 Triliun

2. Leica pamerkan teknologi baru yang hasilkan data geospasial akurat

Leica Innovate Asia Tour 2024. (dok. Leica Geosystems Indonesia)

Dalam kesempatan itu, Leica Geosystems Indonesia menampilkan berbagai solusi dan inovasi teknologi pengukuran presisi, pemetaan 3 Dimensi, Machine Control, Ground Penetrating Radar, hingga sistem survei terkini yang telah terbukti membantu meningkatkan efisiensi serta akurasi di lapangan.

Beragam inovasi terbaru yang dipamerkan untuk mendukung digitalisasi aset skala besar dengan cepat dan akurat. Misalnya teknologi seperti GNSS GS18i yang menghasilkan data posisi secara akurat dengan dokumentasi foto yang dapat dikelola menjadi 3-Dimensi, Teknologi Monitoring System yang secara Real-Time 24/7 memonitor pergerakan untuk menunjang keselamatan, hingga pemodelan digital dengan BLK2GO, yang memungkinkan pengumpulan data secara mobile di area yang lebih luas.

3. Bisa tingkatkan produktivitas di lapangan

Leica Innovate Asia Tour 2024. (dok. Leica Geosystems Indonesia)

President Director PT Leica Geosystems Indonesia, Busroni Arif Yanto, mengatakan jika teknologi geospasial perusahaannya itu juga bisa meningkatkan produktivitas dalam kegiatan pembangunan proyek, dan sebagainya.

“Kami sangat bangga dengan antusiasme yang ditunjukkan oleh para peserta di Balikpapan. Ini adalah bukti bahwa teknologi Leica Geosystems terus diminati dan dipercaya dalam meningkatkan produktivitas di berbagai proyek serta mendukung industri yang berkelanjutan dan keselamatan kerja," ujar Busroni.

Baca Juga: Jokowi Groundbreaking 3 Proyek Perdana Investor Asing di IKN

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya