TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Candi Borobudur Mau Direvitalisasi, InJourney Bocorkan Rancangannya

Bakal dibagi jadi empat pilar

Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. (dok. Injourney)

Intinya Sih...

  • Candi Borobudur akan dibagi menjadi empat pilar: spiritual, konservasi, pendidikan, dan pariwisata.
  • Revitalisasi dilakukan untuk menjaga Borobudur relevan di tengah perubahan zaman, dengan harapan mempertahankan posisi sebagai monumen Budha terbesar di dunia.
  • Proyek revitalisasi meliputi penataan ruang, fasilitas, pengembangan kegiatan spiritual, preservasi situs warisan budaya, pengembangan ruang dan fasilitas interpretasi dan edukasi.

Jakarta, IDN Times - Candi Borobudur akan ditata ulang atau revitalisasi dengan dibagi menjadi empat pilar, yakni spiritual, konservasi, pendidikan, dan pariwisata.

Penataan ulang akan dilakukan pengelola, yakni  PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (PT TWC) atau InJourney Destination Management (IDM) selaku anak usaha PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono, mengatakan penataan ulang dilakukan demi menjaga Borobudur agar tetap hidup dan relevan di tengah perubahan zaman.

"Penataan ulang Borobudur bukan hanya tentang memperbaiki secara fisik, namun juga tentang memberikan masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang," kata Maya dikutip dari keterangan resmi, Rabu (18/9/2024).

Baca Juga: Pakar Beber Kesalahan Belanda saat Pasang Chattra Borobudur: Difoto

1. Candi Borobudur mau dijadikan pusat spiritual bagi umat Budha di dunia

Prosesi pelepasan Bhikku Thudong ke Candi Borobudur untuk perayaan Waisak 2568 BE. (dok. InJourney)

Maya mengatakan, program re-masterplan dan revitalisasi yang dilakukan diharapkan bisa mempertahankan posisi Borobudur sebagai monumen Budha terbesar di dunia, menjadi pusat spiritual, edukasi, dan budaya yang lebih inklusif serta berkelanjutan.

"Kami ingin memastikan Borobudur tidak hanya dilihat sebagai peninggalan masa lalu. Tapi, juga sebagai simbol harapan dan inovasi yang akan terus berkembang demi mewujudkan destinasi pariwisata berkelas dunia," tutur Maya.

2. Bocoran revitalisasi Candi Borobudur

Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. (dok. Injourney)

Candi Borobudur yang merupakan salah satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) dicanangkan sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia. Dalam proyek itu, untuk pilar spiritual dilakukan penataan ruang, fasilitas dan pengembangan kegiatan spiritual. InJourney melakukan revitalisasi ruang terbuka hijau dan lansekap sebagai outdoor venue untuk kegiatan studi spiritual. Dilakukan pula revitalisasi untuk fasilitas pendukungnya. 

Pilar konservasi dilakukan dengan preservasi situs warisan budaya dan revitalisasi ruang terbuka hijau, lanskap untuk fungsi penyangga pelestarian situs dan melakukan pengaturan alur kunjungan wisatawan dan kuota naik ke candi.

Kemudian, pilar pendidikan dilakukan melalui pengembangan ruang dan fasilitas interpretasi dan edukasi. Sementara untuk pilar pariwisata adalah dengan pengembangan pariwisata berkualitas dan berkelanjutan.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya