TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

BUMN Buka Wacana Pasok Susu buat Program Makan Gratis Prabowo

Holding BUMN Pangan bakal gandeng produsen swasta

Pemkot Semarang meluncurkan program Strategi Pemberian Makan Siang untuk Perbaikan Gizi dan Pencegahan Obesitas (Stroberi) di Kantor Kecamatan Ngaliyan, Kamis (15/8/2024). (dok. Pemkot Semarang)

Intinya Sih...

  • Holding BUMN Pangan IDFood membuka wacana pasok susu untuk program makan gratis Prabowo Subianto.
  • IDFood akan bekerja sama dengan Holding BUMN Perkebunan PT Perkebunan Nusantara III (PTPN) untuk peternakan sapi perah.
  • Wacana ini masih dalam tahap penjajakan, belum ada kepastian keterlibatan IDFood.

Jakarta, IDN Times - Holding BUMN Pangan IDFood membuka wacana terlibat dalam memasok susu untuk program makan bergizi alias makan siang gratis Presiden Terpilih 2024 Prabowo Subianto.

Direktur Utama IDFood, Sis Apik Wijayanto mengatakan pihaknya akan bekerja sama dengan Holding BUMN Perkebunan PT Perkebunan Nusantara III (PTPN). Adapun kerja samanya berupa penyediaan lahan untuk peternakan sapi perah.

“Siang ini kami juga akan melakukan koordinasi dengan PTPN juga dalam rangka penyediaan untuk dairy. Nanti juga kami kerja sama dengan PTPN lahannya,” kata Sis Apik dalam rapat kerja dengan Komisi IV DPR RI, Senin (26/8/2024).

Baca Juga: 19 BUMN Masuk Fortune Indonesia 100, Erick: Alhamdulillah

1. Komisi IV pertanyakan lokasi lahan peternakan buat pasok susu program makan gratis Prabowo

Gedung DPR/MPR (IDN Times/Amir Faisol)

Adapun pembahasan itu berawal dari pertanyaan Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin dari fraksi PDIP terkait persiapan BUMN pangan untuk program makan gratis Prabowo. Mendengar jawaban Sis Apik, dia mempertanyakan lokasi lahan yang berpotensi dijadikan lahan peternakan sapi perah untuk memasok susu pada program makan gratis Prabowo.

“Kalau di PTPN itu kira-kira suhunya berapa? Apa mungkin untuk sapi yang memproduksi susu itu di udara yang panas? Kecuai kalau Anda ngomong kerja sama dengan PTPN khusus di Pengalengan, itu masih masuk akal. Karena harus membutuhkan udara yang dingin,” ujar Sudin.

2. Bakal kerja sama dengan Frisian Flag

ilustrasi produk susu (freepik.com/freepik)

Sis Apik mengatakan, pihaknya juga akan bekerja sama dengan Frisian Flag terkait teknologi produksi susu.

“Nanti kita ambil dari sisi teknologinya untuk dairy-nya,” tutur Sis Apik.

Baca Juga: Asuransi BUMN Dapat PR Ini dari OJK

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya