TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

BSI Tower Dipilih Jadi Kawasan Keuangan Syariah, Ini Kata Dirut

Cikal-bakal pusat industri syariah Indonesia

Direktur Utama BSI, Hery Gunardi dalam peresmian kawasan Indonesia Islamic Financial Center (IIFC), Selasa (17/9/2024). (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Intinya Sih...

  • BSI Tower dan Menara Danareksa terpilih sebagai bagian dari Indonesia Islamic Financial Center (IIFC) untuk menjadikan Indonesia pusat ekosistem syariah dunia.
  • IIFC akan menyatukan inisiatif pengembangan Islamic ecosystem lintas sektor, termasuk lembaga keuangan, industri riil, travel halal, haji dan umrah, serta kegiatan sosiobisnis.
  • Kementerian BUMN mendorong percepatan ekonomi syariah di Indonesia dengan membentuk BUMN Property Fund dan menggelontorkan investasi Rp2 triliun untuk pembangunan BSI Tower dan Menara Danareksa.

Jakarta, IDN Times - BSI Tower yang dibangun di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat dipilih menjadi bagian dari Indonesia Islamic Financial Center (IIFC). Selain BSI Tower, Menara Danareksa juga menjadi bagian dari kawasan IIFC.

Direktur Utama BSI, Hery Gunardi mengatakan IIFC didirikan sebagai upaya menjadikan Indonesia sebagai pusat ekosistem syariah dunia.

“Pemerintah merasa sudah saatnya Indonesia menjadi tuan rumah untuk industri syariah, baik industri halal maupun halal value chain business,” kata Hery di Menara Danareksa, Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Baca Juga: BSI Siapkan Future Leader Bank Syariah Lewat ODP

1. Jadi cikal-bakal pengembangan bisnis syariah

Menara Danareksa, Jakarta Pusat. (dok. Danareksa)

Lebih lanjut, IIFC nantinya menyatukan inisiatif pengembangan Islamic ecosystem lintas sektor. Mulai dari lembaga keuangan baik perbankan, asuransi, pasar modal, serta industri riil seperti food and  beverages, kosmetik dan farmasi, fashion, media dan rekreasi.

Selain itu, industri travel halal termasuk haji dan umrah, hingga hingga kegiatan yang bersifat sosiobisnis seperti zakat, wakaf, donasi, ekosistem di pasar modal syariah seperti di pengembangan sukuk, reksadana, instrumen investasi serta kegiatan pendukung ekosistem halal lainnya.

Pemerintah melalui Kementerian BUMN mendorong percepatan ekonomi syariah di Indonesia agar bisa menjadi salah satu pemain utama dalam industri perbankan dalam negeri.

Oleh sebab itu, seiringan dengan dibangunnya IIFC, Kementerian BUMN juga membentuk BUMN Property Fund untuk mengoptimalkan value chain pengembangan ekonomi syariah di Tanah Air.

“Kehadiran IIFC dengan Menara BSI dan Menara Danareksa ini langkah strategis untuk mewujudkan hal tersebut dan BSI siap menjadi bagian di dalamnya,” ujar Hery.

2. BSI Tower sudah tersewa 100 persen

Groundbreaking BSI Tower di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (9/11/2023). (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Dalam pembangunannya, BUMN menggelontorkan investasi Rp2 triliun, di mana rinciannya Rp980 miliar untuk Menara Danareksa, dan Rp1,1 triliun untuk BSI Tower.

Hery mengatakan, meski pembangunan BSI Tower masih berlangsung, gedung tersebut sudah tersewa 100 persen.

Nantinya, BSI Tower akan menjadi pusat bisnis dan literasi halal ekosistem yang mendorong terciptanya kolaborasi dalam pengembangan sektor Haji dan Umrah, ZISWAF, Pendidikan dan Kesehatan, Mode dan perniagaan, serta lainnya.

“Kami siap mengembangkan dan mengakselerasi global hub dan Islamic Ecosystem yang berkelanjutan di Tanah Air. Ini menjadi amanat dan harapan besar dari Bapak Presiden, membawa Indonesia menjadi pusat halal dunia,” ucap Hery.

Baca Juga: BSI Ajak Usaha Kecil Naik Kelas Lewat Festival UMKM

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya