TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Angkasa Pura I dan II Digabung, Begini Skemanya

AP II bakal ganti nama jadi Angkasa Pura Indonesia

Bandara Soekarno-Hatta. (IDN Times/Maya Aulia Aprilianti)

Jakarta, IDN Times - Penggabungan PT Angkasa Pura I (AP I) dan PT Angkasa Pura II (AP II) memasuki babak baru. Kedua perusahaan itu akan bergabung menjadi satu perusahaan setelah PT AP II berganti nama.

Dikutip dari keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (24/7/2024), saat ini PT API sendiri telah berdiri sebagai perusahaan yang menaungi AP I dan AP II. Setelahnya, API akan berganti nama, di mana salah satu nama yang telah dibeberkan adalah PT Angkasa Pura Nusantara (APN).

1. PT Angkasa Pura II bakal pakai nama API

Bandar Udara (Bandara) Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Dalam dokumen tersebut, disebutkan PT AP II akan berganti nama menjadi PT Angkasa Pura Indonesia (API). Setelah itu, PT AP I akan bergabung ke dalam entitas PT API (eks AP II).

“Akan dilakukan penggabungan PT Angkasa Pura I ke dalam PT Angkasa Pura Indonesia yang sebelumnya bernama PT Angkasa Pura II di mana PT Angkasa Pura Indonesia tersebut akan bertindak sebagai perusahaan penerima penggabungan,” bunyi dokumen tersebut.

Baca Juga: Garuda Diskon Harga Tiket Sampai 80 Persen, Ini Daftar Rutenya

2. InJourney bakal kantongi mayoritas saham PT API eks AP II

Penumpang yang mengantre masuk ke penerbangan di Bandara Juanda (dok Bandara Juanda)

Dengan penggabungan itu, nantinya PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney bakal mengantongi mayoritas sama PT API (eks AP II), yakni sebesar 52,08 persen.

Kemudian, pemegang saham terbesar kedua ialah PT Angkasa Pura Nusantara atau APN (eks API) sebesar 47,9 persen. Sementara itu, Negara Republik Indonesia mengantongi 0,000006 persen.

“Tanggal efektif penggabungan adalah tanggal penerbitan persetujuan dan/atau penerimaan pemberitahuan perubahan anggaran dasar dari Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia atas perubahan anggaran dasar PT Angkasa Pura Indonesia yang sebelumnya bernama PT Angkasa Pura II yang dilakukan dalam rangka penggabungan ini,” bunyi dokumen keterbukaan informasi tersebut.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya