TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Cara Manfaatkan Lahan Kosong buat Dongkrak Cuan!

Bisa jadi sewa lahan parkir hingga

ilustrasi aset. (IDN Times/Aditya Pratama)

Jakarta, IDN Times - Pemilik lahan kosong memiliki banyak peluang untuk meraup pendapatan yang menguntungkan.

Lahan kosong tak hanya bisa dibangun untuk rumah atau ruko, tapi ada banyak opsi lain yang bisa dieksplorasi. Berikut empat cara memanfaatkan lahan kosong agar meraup keuntungan!

Baca Juga: 4 Langkah Investasi di Surat Utang Negara, Dijamin Aman!

1. Jual-beli tanah kavling

Ilustrasi Rumah. (IDN Times/Aditya Pratama)

Tanah adalah salah satu aset dengan nilai atau harga yang cenderung tumbuh setiap tahunnya. Jika tak ingin membangun rumah atau bangunan lain di atasnya, kamu bisa melakukan bisnis jual-beli tanah.

Dikutip dari situs resmi Rumah123.com, Selasa (19/9/2023), kamu bisa menjual aset tanah yang dimiliki, dan melanjutkan bisnis jual-beli tanah kavling dengan modal dari hasil penjualan tersebut. Jual-beli tanah juga bisa dipromosikan melalui portal properti, seperti Rumah123.com.

2. Bikin lahan parkir mobil

Ilustrasi kemacetan (IDN Times/Mardya Shakti)

Di daerah yang padat penduduk, dengan rumah-rumah berdempetan, bahkan sebagian besar tak memiliki pekarangan atau garasi, maka sewa parkir mobil adalah solusi untuk menyimpan kendaraan.

Misalnya, di DKI Jakarta, ada banyak penyewaan lahan parkir dengan bayaran per jam, hari, minggu, hingga per bulan.

Nah, jika kamu memiliki tanah kosong di daerah yang ramai, maka lahan parkir bisa menjadi peluang bisnis menggiurkan. Tanpa harus membangun sesuatu di atasnya, kamu sudah bisa mencetak pendapatan.

3. Membuka bisnis kafe kekinian

Spot kuliner di Kawasan Megamas, Manado, Sulawesi Utara. (IDNTimes/Savi)

Kamu juga bisa menyulap lahan kosong menjadi kafe kekinian. Misalnya, kafe dengan bar di atas foodtruck. Kafe dengan bar yang terbuat jadi kontainer juga bisa menjadi pilihan tepat.

Selain mudah, sederhana, kamu juga tak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk mendirikan sebuah bangunan. Para calon konsumen nantinya bisa duduk di kursi-kursi yang ada di luar (outdoor cafe).

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Ciri Investasi Syariah Bodong

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya