TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Transaksi LCS Januari-Agustus 2024 Tembus 6,4 Miliar Dolar AS

Pengguna LCS terus naik

Ilustrasi Bisnis. (IDN Times/Aditya Pratama)

Intinya Sih...

  • Nilai transaksi LCS meningkat 48,83% menjadi 6,4 miliar dolar AS hingga Agustus 2024.
  • Pengguna LCS naik signifikan menjadi 5.465 pelaku, dari sekitar 2.000-an pelaku tahun lalu.

Jakarta, IDN Times - Bank Indonesia (BI) mengungkapkan transaksi Local Currency Settlement (LCS) meningkat signfikan sepanjang Januari hingga Agustus 2024. 

Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti menuturkan, nilai transaksi LCS Januari-Agustus 2024 telah mencapai 6,4 miliar dolar AS, naik 48,83 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 4,3 miliar dolar AS. 

"Per Agustus 2024, jumlah transaksinya mencapai 904 juta dolar AS atau naik 58 persen secara tahunan (year on year/yoy)," ujar Destry dalam paparan hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG), Kamis (18/9/2024).

1. Pengguna LCS meningkat hingga 5.465 pelaku

Ilustrasi orang menghitung uang kas (pexels.com/Karolina Kaboompics)

Ia mengatakan, pengguna LCS meningkat hingga 5.465 pelaku, naik signifikan dibandingkan sekitar 2.000-an pelaku pada tahun lalu. 

"LCS kita makin lama makin dikenal oleh importir dan eksportir kita," ujarnya. 

Baca Juga: Bos BI Sebut Penguatan Rupiah Lebih Tinggi dari Rupee dan Won 

2. Indonesia jalin kerja sama LCS dengan sejumlah negara

Ilustrasi investasi (IDN Times/Aditya Pratama)

Dengan transaksi yang meningkat, pasar valas mengalami diversifikasi. Adapun hingga saat ini, Indonesia telah melakukan kerja sama LCS dengan sejumlah negara di kawasan antara lain Malaysia, Thailand, Jepang dan China.

Namun, jelang akhir 2023, Indonesia telah memiliki kesepakatan bersama untuk membangun kerja sama LCS dengan Singapura dan Korea Selatan.

LCS adalah penyelesaian transaksi bilateral antara dua negara yang dilakukan dalam mata uang masing-masing negara di mana setelmen transaksinya dilakukan di dalam yurisdiksi wilayah negara masing-masing.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya