TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Standard Chartered Targetkan 2021-2030 Pembiayaan Hijau 300 M Dolar AS

Komitmen untuk capai net zero emission

(Dok.IDN Times/Istimewa)

Jakarta, IDN Times - Standard Chartered menargetkan dapat memobilisasi pembiayaan hijau dan transisi sebesar 300 miliar dolar AS pada 2021-2030.

"Hal ini merupakan komitmen perseroan untuk mencapai emisi karbon nol bersih dari segi operasionalnya pada 2025, dan dari sisi pendanaannya pada 2050," ucap Vice Chairman, ASEAN & President Commissioner, Indonesia Standard Chartered Bank, Rino Donosepoetro, saat ditemui awak media di Hotel Mulia, Jakarta, Kamis (7/9/2023).

Baca Juga: Standard Chartered: Perlu Kolaborasi Atasi Masalah Iklim Global

1. Biayai sektor-sektor yang paling banyak sumbang emisi

Pixabay.com/geralt

Rino menjelaskan target jangka pendek yakni mengurangi emisi dengan membiayai sektor-sektor yang paling banyak menghasilkan karbon pada 2030.

"Kami adalah bagian dari Glasgow Financial Alliance for Net Zero (GFANZ), sebuah program ambisius untuk menghasilkan komitmen, keterlibatan, investasi, serta penyelarasan yang diperlukan untuk mendorong transisi menuju net zero," ucapnya.

Tak hanya itu, menurut Rino, Standard Chartered juga memimpin Net Zero Banking Alliance, yang merupakan fungsi perbankan dari GFANZ.

Baca Juga: Indonesia Segera Ekspor Energi Hijau ke Singapura

2. Pembiayaan di sektor hijau

President Commissioner, Indonesia Standard Chartered Bank, Rino Donosepoetro. (Dokumentasi/Triyan IDN Times)

Di kawasan ASEAN, Rino menyebut, Standard Chartered telah membantu kliennya melaksanakan jaminan bank ramah lingkungan, fasilitas pembiayaan perdagangan ramah lingkungan, dan mendukung penerbitan obligasi keberlanjutan pemerintah.

"Bayangkan net zeronya bukan dari kita, tapi dari our client dan ini tidak mudah untuk mencapainya di 2050. Dalam konteks zero emisi karbon dibutuhkan strategi jangka pendek, sehingga kami melakukan pembiayaan ke sektor-sektor hijau atau berkanjutan," ucapnya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya