TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Rosan Roeslani Janji Rampungkan Sisa Target Investasi

Sisa target investasi tahun ini Rp820,1 triliun

Serah terima jabatan Bahlil Lahadalia kepada Rosan Roeslani sebagai Menteri Investasi. (IDN Timsa/Triyan)

Intinya Sih...

  • Menteri Investasi optimistis bisa capai target investasi 2024 sebesar Rp1.650 triliun. 
  • Realisasi investasi di semester I mencapai Rp829,9 triliun atau 50,3% dari target tahun ini. 
  • Investasi tumbuh 4,43% dan berkontribusi 27,89% ke pertumbuhan ekonomi kuartal II 2024. 

Jakarta, IDN Times - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinator dan Penanaman Modal (BKPM) Rosan Roeslani optimistis bisa merealisasikan target investasi 2024 sebesar Rp1.650 triliun, meskipun jabatannya sebagai Menteri Investasi hanya dua bulan.

Jabatan menteri Kabinet Indonesia Maju akan berakhir pada 20 Oktober 2024, seiring masa jabatan Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah berakhir dan digantikan Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

“Insyaallah saya optimis ya, ini kan timnya Pak Bahlil sudah bekerja sangat baik, sangat solid dan saya melihat target yang sudah dicangkan Pak Bahlil dan timnya akan tercapai,” tutur Rosan saat ditemui usai serah terima jabatan (sertijab) di Kementerian Investasi, Jakarta, Senin (19/8/2024).

Baca Juga: Tangis Bahlil Lahadalia Pecah Lepas Jabatan Menteri Investasi ke Rosan

1. Rosan perlu kejar sisa target investasi Rp820,1 triliun

Rosan Roeslani tiba di Istana Negara untuk dilantik sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM pada Senin (19/8/2024). (IDN Times/Trio Hamdani)

Realisasi investasi di semester I mencapai Rp829,9 triliun atau 50,3 persen dari target tahun ini Rp1.650 triliun. Dengan begitu, Rosan perlu mengoptimalkan sisa target investasi hingga Rp820,1 triliun.

Rosan mengaku akan mempercepat kerja tim di Kementerian Investasi agar target Rp1.650 triliun dapat tercapai seluruhnya di akhir tahun. “Karena timnya tidak berubah, tetap ada, justru kita akan percepat dan akselerasi itu sehingga target pada akhir tahun ini bisa tercapai secara keseluruhan,” kata dia.

2. Investasi berperan penting pada pertumbuhan ekonomi

Serah terima jabatan Bahlil Lahadalia kepada Rosan Roeslani sebagai Menteri Investasi. (IDN Timsa/Triyan)

Rosan menyebut investasi memiliki peranan penting terhadap pertumbuhan ekonomi. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), investasi atau pembentukan model tetap bruto (PMTB) tumbuh sebesar 4,43 persen dan memberikan kontribusi 27,89 persen ke pertumbuhan ekonomi kuartal II 2024.

"Investasi mainkan peran yang sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi, karena kontribusinya terhadap PDB 30 persen. (Rinciannya) 50 persen domestic consumption, bari belanja pemerintah, ekspor impor sehingga investasi perannya sangat krusial ke depan," tegasnya.

Baca Juga: Sahabatnya Jadi Menteri Investasi, Erick: Pak Rosan Bagus!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya