TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ganjar-Mahfud Targetkan Ekonomi Indonesia Tumbuh 7 Persen

Ada beberapa faktor target tersebut dilakukan

Debat Tim Capres terkait Arah dan Wajah Pasar Modal Indonesia 2024 (IDN Times/Triyan)

Jakarta, IDN Times - Pasangan Capres-Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD berjanji akan mewujudkan pertumbuhan ekonomi sebesar 7 persen (yoy).

Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Andi Widjajanto, menyampaikan, optimisme ini didukung oleh momentum bonus demografi yang akan dinikmati Indonesia.

Dengan begitu, akan ada lonjakan penduduk produktif dan perlunya memperbanyak lapangan kerja.

"Kami optimistis Indonesia akan menjadi Indonesia unggul yang mampu bergerak lebih cepat karena ada celah bonus demografi dan itu kami optimistis mendapatkan angka 7 persen," katanya dalam acara debat Tim Capres RI, Kamis (9/11/2023)

Selain itu, pasangan ini juga akan mendorong kontribusi konsumsi masyarakat meningkat lebih tinggi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), konsumsi rumah tangga masih menjadi penyumbang utama PDB. Data ekonomi kuartal III menunjukkan, konsumsi rumah tangga masih menjadi penyumbang sekitar 52,62 persen terhadap PDB.

"Konsumsi masyarakat sekarang 52-54 persen dari PDB karena konsumsi masyarakat akan lebih sehat, jika nanti konsumsi masyarakat turun tapi PDB membesar," jelasnya.

Selanjutnya, tim Ganjar-Mahfud juga akan mendorong sisi investasi serta laju ekspor diperbesar dan impor mulai diturunkan.

"Investasi dipastikan ke sektor-sektor unggulan yang di dalamnya ada teknologi. Investasi juga harus diarahkan untuk membuat konektivitas maritim laut kita menjadi penjuru gerak ekonomi," jelasnya.

Berdasarkan data BPS, kinerja ekonomi kuartal III tumbuh melambat di level 4,94 persen. Secara nilai, BPS mencatat, ekonomi atau PDB Indonesia pada kuartal III-2023 atas dasar harga berlaku (ADHB) sebesar Rp 5.296,0 triliun atau atas dasar harga konstan (ADHK) 2010 mencapai Rp3.124,9 triliun.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Anies Minta Lebih Banyak Diaspora di Luar Negeri

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya