TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gaji PNS Dirancang Naik di APBN 2025, tapi Tunggu Diumumkan Prabowo

Belum jelas berapa persen kenaikan gaji PNS tahun depan

Rapat Kerja Kemenkeu bersama Banggar. (IDN Times/Triyan)

Jakarta, IDN Times - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025 sudah didesain untuk kenaikan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN/PNS).

"Mengenai penyesuaian gaji dan sebagainya, itu APBN untuk 2025 sudah kita desain untuk siap apabila itu dilakukan. Tetapi keputusannya sesuai dengan komitmen antara Pak Jokowi dan Pak Prabowo, itu diserahkan kepada presiden baru," kata Isa saat ditemui di Gedung DPR, Jumat (16/8/2024).

Meski begitu, Isa tidak menjelaskan berapa persen rencana kenaikan gaji PNS tahun depan, namun yang jelas informasi ini akan disampaikan langsung oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Isa menegaskan bahwa pemerintah sekarang maupun pemerintah yang akan datang tetap berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan ASN termasuk TNI/Polri. "Yang penting adalah berbagai upaya tadi untuk meningkatkan produktivitas mereka, kemudian integritas mereka dan sebagainya," ucap Isa.

Dalam pidato Nota Keuangan RAPBN 2025, Presiden Joko "Jokowi" tidak membahas apapun mengenai kenaikan gaji PNS 2025.

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas mengatakan akan ada kenaikan gaji PNS di tahun depan namun tidak akan diumumkan saat ini.

Di sisi lain, pemerintah juga tengah fokus melakukan reformasi dan penyederhanaan birokrasi.

"Ada, tapi ya nanti, gak diumumin sekarang (kenaikan gaji PNS di 2025). Kita tunggu ya, nanti ya, tapi kan tadi prioritasnya reformasi birokrasi, penyederhanaan birokrasi," kata Azwar Anas.

Baca Juga: Puan Pastikan Prabowo Bisa Rombak APBN 2025

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya