TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Daftar Bansos yang Cair Agustus 2024, Ada Beras 10 Kg

Cek yuk selain bansos beras, apalagi?

PT Pos Indonesia (persero) bergerak cepat melaksanakan penyaluran bantuan sosial (bansos) dari Kementerian Sosial berupa Program Keluarga Harapan (PKH) dan sembako. (Dok. Pos Indonesia)

Intinya Sih...

  • Bansos PKH cair Juli-September 2024, dengan besaran berbeda-beda sesuai kelompok penerima manfaat.
  • Bansos beras 10 kg diteruskan hingga Desember 2024, disalurkan kepada 22 juta KPM dengan anggaran Rp9 triliun.

Jakarta, IDN Times - Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) masih akan menyalurkan sejumlah bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat pada Agustus 2024. Adapun bansos yang akan cair bulan ini berupa uang tunai dan pangan.

Nah, apa saja bansos yang cair di Agustus 2024, simak yuk!

1. Program Keluarga Harapan

PT Pos Indonesia (persero) bergerak cepat melaksanakan penyaluran bantuan sosial (bansos) dari Kementerian Sosial berupa Program Keluarga Harapan (PKH) dan sembako. (Dok. Pos Indonesia)

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu bansos yang disalurkan pada Juli-September 2024. PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga miskin yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat.

Besaran bansos PKH tidak sama untuk masing-masing kelompok, berikut rinciannya:

  • Ibu hamil atau nifas: Rp750 ribu per tahap dengan total Rp3 juta per tahun.
  • Anak usia dini atau balita: Rp750 ribu per tahap dengan total Rp3 juta per tahun.
  • Lansia dan penyandang disabilitas: Rp600 ribu per tahap dengan total Rp 2,4 juta per tahun.
  • Pelajar SD, SMP, dan SMA: Menerima bantuan dengan nominal bervariasi dari Rp225 ribu hingga Rp500 ribu per tahap tergantung jenjang pendidikan.
  • Penyaluran bansos PKH dilakukan dengan mentransfer uang bansos langsung ke rekening penerima atau melalui Kantor Pos.

Baca Juga: Sri Mulyani Siapkan Rp11 T, Bansos Pangan Lanjut hingga Desember 2024

2. Pemerintah bakal salurkan bansos berupa beras 10 kg pada Agustus 2024

Warga membeli beras SPHP. IDN Times/ Riyanto

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi mengatakan bahwa Presiden Joko "Jokowi" Widodo (Jokowi) sepakat untuk melanjutkan bansos beras 10 kg hingga Agustus, Oktober, dan Desember 2024.

Anggaran sebesar Rp9 triliun telah disiapkan untuk merealisasikan program ini. Bansos beras akan diberikan kepada 22 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Mulai Agustus 2024, Bansos Beras di Balam Diberikan Dua Bulan Sekali

3. Bantuan pangan nontunai

PT Pos Indonesia (Persero) atau yang kini dikenal dengan brand PosIND, menyalurkan bansos sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial kepada penerima di seluruh Indonesia. Selalu berhasil menyalurkan bansos tepat waktu dan tepat sasaran, koordinasi yang baik dan pemanfaatan teknologi menjadi kunci sukses. (Dok. Pos Indonesia)

Bantuan Pangan Non-tunai (BPNT) tahap 4 akan disalurkan pada Agustus 2024. BPNT adalah bansos yang diberikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kurang mampu.

Penyalurannya dilakukan bersamaan dengan PKH melalui rekening Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) BRI atau Kantor Pos. KPM berhak mendapat uang tunai Rp200 ribu.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya