TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Daftar 3 Negara Tujuan Utama Ekspor Nonmigas Indonesia

Ekspor nonmigas ke China turun secara bulanan dan tahunan

3 Negara mitra dagang untuk ekspor nonmigas Indonesia. (dok/BPS).

Intinya Sih...

  • Ekspor nonmigas ke China turun 14,06% bulanan, nilainya mencapai 4,28 miliar dolar AS
  • China, India, dan Amerika Serikat menjadi mitra dagang utama ekspor nonmigas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Badan Pusat Statistik (BPS) menyampaikan nilai ekspor nonmigas pada April mengalami penurunan 14,06 persen atau sebesar 18,27 miliar dolar AS.  Sementara pada bulan sebelumnya tercatat sebesar 21,25 miliar dolar AS.

Lantas, negara mana saja yang masih konsisten jadi mitra ekspor nonmigas Indonesia?

Baca Juga: Top! Laju Ekspor RI Naik 1,72 Persen pada April 2024 

1. Ekspor ke China turun 9,83 persen

ilustrasi ekspor-impor (IDN Times/Aditya Pratama)

Deputi Bidang Distribusi dan Jasa, Pudji Ismartini menjelaskan ada tiga negara mitra dagang utama untuk ekspor nonmigas, yakni China, India, dan Amerika Serikat.

"Ketiga negara ini bahkan memberikan share sekitar 42,98 persen dari total ekspor nonmigas Indonesia di sepanjang April 2024," jelasnya dalam Konferensi Pers BPS, Rabu (14/5/2024). 

Bila dirinci, pangsa ekspor nonmigas ke China mencapai 23,43 persen, namun nilai ekspor di April hanya sebesar 4,28 miliar dolar AS dan turun bila dibandingkan periode Maret 2024 sebesar 4,75 miliar dolar AS. Begitu juga dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 4,62 miliar dolar AS. 

"Nilai ekspor nonmigas ke Tiongkok tercatat sebesar 4,28 miliar dolar AS atau turun sebesar 9,83 persen  dibandingkan dengan Maret 2024. Penurunan ini utamanya didorong oleh penurunan nilai ekspor yaitu bahan bakar mineral kemudian biji kerak dan abu logam serta lemak dan minyak hewan atau nabati," tutur Pudji. 

Baca Juga: Jokowi Pastikan Izin Ekspor Konsentrat Freeport Diperpanjang

2. Ekspor nonmigas ke India capai 1,81 miliar dolar AS

ilustrasi ekspor-impor (IDN Times/Aditya Pratama)

Sementara itu, share ekspor nonmigas ke India mencapai 9,94 persen dan secara nominal ekspornya naik di April menjadi 1,81 miliar dolar AS dibandingkan periode Maret 2024 sebesar 1,78 miliar dolar AS dan 1,54 miliar dolar AS. 

Sedangkan ekspor nonmigas ke Amerika Serikat mencapai 1,75 miliar dolar AS atau turun bila dibandingkan bulan lalu sebesar 2,19 miliar dolar AS. Namun bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu meningkat 0,18 miliar dolar AS. 

"Ekspor nonmigas ke India, Amerika Serikat dan ASEAN mengalami peningkatan secara tahunan," ujarnya. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya