TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cerita Chairul Tanjung Bujuk Sri Mulyani Pulang untuk Jadi Menteri

Rekomendasikan Sri Mulyani ke Presiden SBY dan Jokowi

Peluncuran buku Sri Mulyani (IDN Times/Triyan Pangastuti)

Intinya Sih...

  • Chairul Tanjung merekomendasikan Sri Mulyani ke Presiden SBY dan Jokowi. 
  • CT Corp Chairman menceritakan kedekatannya dengan Sri Mulyani sejak kuliah di UI, merekomendasikan nama Sri Mulyani kepada SBY dan Jokowi.
  • CT pergi ke Washington DC untuk membujuk Sri Mulyani masuk dalam kabinet Jokowi, yang akhirnya menjadi Menteri Keuangan di dua periode pemerintahan Jokowi.

Jakarta, IDN Times - Chairman CT Corp Chairul Tanjung menceritakan kedekatannya dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang dimulai sejak berkuliah di Universitas Indonesia. Pria yang akrab disapai CT ini mengaku merekomendasikan nama Sri Mulyani kepada Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Hal itu diceritakan Chairul pada acara peluncuran buku authorized biography Sri Mulyani No Limits, Reformasi dengan Hati pada Jumat (20/9/2024) malam. 

"Saat Presiden Jokowi menjadi Presiden saya diminta masukan siapa yang sebaiknya menggantikan saya sebagai Menko Perekonomian, saya bilang Bu Sri Mulyani," tutur CT dalam acara tersebut.

Baca Juga: Jelang Akhir Masa Jabatan, Sri Mulyani Luncurkan Buku

1. Chairul Tanjung bujuk Sri Mulyani di Amerika Serikat untuk pulang

Authorized biography Sri Mulyani, "NO LIMITS Reformasi dengan Hati" (IDN Times/Umi Kalsum)

Tak berhenti di situ, Chairul Tanjung menuturkan perannya dalam membujuk Sri Mulyani masuk dalam kabinet Jokowi. Demi membujuk, menurut CT, dirinya pergi ke Washington DC, Amerika Serikat untuk menyambangi Sri Mulyani yang saat itu tinggal di sana.

"Dua malam saya di Washington, dua malam saya makan malam dengan Bu Ani dan Pak Tonny (suami Sri Mulyani), saya yakinkan beliau untuk pulang ke Indonesia untuk menjadi Menko," kata dia.

2. Sri Mulyani tak langsung menerima bujuk CT untuk jadi Menko Perekonomian

Sri Mulyani, kata CT, tak langsung menerima ajakan dan bujukan tersebut untuk menempati posisi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Sri Mulyani justru menyuruh CT untuk melanjutkan jabatannya itu. Namun CT menolak karena harus menjalankan bisnisnya.

"Saya meyakinkan beliau untuk menjadi Menko Perekonomian, tapi (Bu Ani) bilang agar saya aja yang nerusin bisnis kamu, kamu terus jadi Menko," ungkapnya.

Begitulah sekelumit cerita di balik kepulangan Sri Mulyani ke Indonesia hingga akhirnya menjadi Menteri Keuangan di dua periode pemerintahan Presiden Jokowi. Chairul bersaksi Sri Mulyani telah bekerja luar biasa untuk negara.

"Saya ingin mengapresiasi sahabat saya yang bekerja luar biasa di pemerintahan," kata Chairul Tanjung.

Baca Juga: Tak Cuma Biografi, Buku Sri Mulyani soal Perjalanan Reformasi Kemenkeu

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya