TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

BI Diprediksi Kembali Tahan Suku Bunga di Level 6,25 Persen

Suku bunga acuan BI saat ini 6,25 persen

Layar memampilkan logo Bank Indonesia (BI) di Jakarta, Kamis (17/6/2021). Bank Indonesia memutuskan mempertahankan suku bunga acuan BI (BI 7-Day Reverse Repo Rate/BI7DRR) di level 3,5 persen (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Intinya Sih...

  • BI diperkirakan pertahankan suku bunga acuan di 6,25 persen dalam RDG September 2024.
  • Pertimbangan BI untuk menahan suku bunga acuan karena tren disinflasi harga domestik dan potensi volatilitas mata uang.

Jakarta, IDN Times - Bank Indonesia (BI) diperkirakan akan tetap mempertahankan suku bunga atau BI rate di level 6,25 persen dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) September 2024.

Ekonom LPEM FEB UI Teuku Riefky menilai, apabila BI masih mempertahankan suku bunganya, maka akan membantu mencegah potensi volatilitas mata uang dan mengelola risiko yang terkait dengan arus keluar modal secara tiba-tiba.

"Kami berpandangan BI perlu menahan suku bunga acuannya di 6,25 persen pada Rapat Dewan Gubernur hari ini," kata Riefky dalam keterangannya, Rabu (18/9/2024).

1. Inflasi terkendali dalam range BI

ilustrasi inflasi (Freepik.com/subsri13)

Ia menjelaskan, ada beberapa faktor yang mendorong BI harus menahan suku bunga acuan, yakni tingkat harga domestik di Indonesia sedang mengalami tren disinflasi. 

Kemudian kombinasi dari berlanjutnya penguatan rupiah dan perlambatan inflasi, memang membuka ruang gerak BI untuk memotong suku bunga acuan dalam rangka meningkatkan permintaan agregat dan pertumbuhan sektor riil.

"Sejauh ini tingkat inflasi masih dalam koridor target BI dan masih adanya potensi berbaliknya arus modal asing keluar dari Indonesia," ujarnya.

Dengan mempertimbangkan kedua hal tersebut, pemotongan suku bunga oleh BI belum terlalu mendesak untuk dilakukan pada bulan ini. Oleh sebab itu, BI perlu menahan suku bunga acuannya di 6,25 persen pada RDG September ini.

Baca Juga: Rupiah Lesu Jelang Pengumuman Suku Bunga BI

2. The Fed berpotensi turunkan suku bunga

google

Sementara Ekonom  Center of Reform on Economics (CORE), Mohammad Faisal mengatakan, BI masih akan menunggu hingga Federal reserve (the Fed) turunkan suku bunga di sekitar 25 bps atau 50 bps, maka semestinya BI sudah waktunya menurunkan tingkat suku bunga.

Menurutnya, sudah tidak ada alasan lagi untuk BI tidak melonggarkan kebijakan moneternya karena inflasi sudah sangat rendah, bahkan mengalami deflasi. 

"Kemudian dari nilai tukar sudah stabil bahkan mengalami penguatan kalau nanti dipangkas suku bunga the Fed, bahkan mendorong apresiasi rupiah," tutur Faisal dalam keterangannya. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya