TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Beras Sumbang Inflasi Terbesar Tiga Bulan Beruntun

87 kota alami inflasi beras

Ilustrasi beras Bulog. (dok. Bulog)

Jakarta, IDN Times -  Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan komoditas beras telah menjadi penyumbang terbesar inflasi dalam kurun waktu tiga bulan berturut-turut. Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini mengatakan beras mengalami inflasi sebesar 1,72 persen (mtm) dan memberikan andil inflasi 0,06 persen pada Oktober 2023.

“Beras merupakan komoditas penyumbang andil inflasi terbesar selama tiga bulan berturut-turut sejak Agustus sampai Oktober 2023,” ucap Pudji Ismartini dalam konferensi pers di Kantor BPS pada Rabu (1/11/2023).

Baca Juga: Harga Pangan Melejit, Inflasi Oktober Diproyeksikan Naik

1. Ada 87 kota mengalami inflasi beras

Bantuan sosial (bansos) beras. (dok. Bulog)

Secara spasial, ada 87 kota mengalami inflasi beras, dua kota mengalami deflasi beras dan satu kota tercatat stabil.

Dengan begitu, secara akumulatif selama tahun 2023 beras juga menyumbang andil inflasi terbesar, yaitu sebesar 0,49 persen secara year to date.

2. Komoditas pendorong inflasi volotaile food

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS), Pudji Ismartini. (dok. YouTube BPS).

Bila dilihat dari sisi komponen inflasi, beras merupakan komoditas utama penyebab inflasi komponen harga pangan bergejolak (volatile food). Secara bulanan komponen harga bergejolak inflasinya sebesar 0,21 persen dengan andil inflasi sebesar 0,03 persen.

Setelah beras, inflasi volatile food didorong oleh cabai rawit dengan andil inflasi sebesar 0,03 persen, dan cabai merah dengan andil inflasi sebesar 0,01 persen.

“Di tengah inflasi komponen volatile food masih terdapat beberapa komoditas yang memberikan andil deflasi secara bulanan yang cukup signifikan diantaranya ikan segar, telur ayam ras, tomat, bawang merah, minyak goreng, dan bawang putih,” tutur Pudji.

Baca Juga: Harga Pangan Melejit, Inflasi Oktober Diproyeksikan Naik

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya