TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

1.700 Warga Ikuti Uji Coba Operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Uji coba berlangsung hingga 30 September

Uji Coba Operasional KA Cepat Bersama Masyarakat. (Dokumentasi/Humas)

Jakarta, IDN Times - Uji coba operasional Kereta Api Cepat (KA Cepat) Jakarta-Bandung yang menganggkut 1.700 masyarakat dari berbagai wilayah pada Jumat (15/9/2023) berjalan lancar.

Uji coba ini dilakukan mulai dari Stasiun Halim menuju Stasiun Tegalluar dan sebaliknya. Uji coba operasional KA Cepat dengan penumpang ini menjadi salah satu bagian persiapan menjelang operasi KA Cepat secara penuh.

Corporate Secretary PT KCIC, Eva Chairunisa, mengatakan 1.700 penumpang yang mengikuti perjalanan KA Cepat hari ini terbagi dalam 4 jadwal perjalanan KA Halim - Tegalluar pulang pergi (PP). Selama masa uji coba operasional KA Cepat dengan penumpang ini, KCIC menyediakan 4 jadwal perjalanan PP .

"Sehingga total terdapat 8 perjalanan KA yang beroperasi setiap harinya selama masa ujicoba yang akan berlangsung hingga 30 September 2023," ucapnya dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Berapa Tahun Kereta Cepat Jakarta-Bandung Balik Modal?

Baca Juga: Intip Spesifikasi Kereta Cepat Jakarta Bandung, Tembus 350 km/jam!

1. Jadwal keberangkatan kereta cepat

Uji Coba Operasional KA Cepat Bersama Masyarakat. (Dokumentasi/Humas)

Berikut adalah jadwal kereta cepat secara rinci!

1. Relasi Stasiun Halim - Tegalluar (PP): 09.00 WIB dan 14.00 WIB
2. Relasi Stasiun Tegalluar - Halim (PP): 09.00 WIB dan 14.00 WIB.

Eva menegaskan, secara keseluruhan uji coba operasional KA Cepat bersama masyarakat pada hari pertama berjalan dengan lancar aman dan tanpa kendala.

"Masyarakat sangat antusias mengikuti perjalanan KA Cepat relasi Stasiun Halim -Tegalluar dan sebaliknya. Situasi perjalanan KA Cepat selama uji coba bersama penumpang yang digelar hari ini sangat kondusif. Semua aspek pada kegiatan uji coba operasional berjalan sesuai dengan rencana," ujarnya.

Baca Juga: Perbandingan Harga Tiket Kereta Cepat Indonesia dengan Negara Lain

2. Stasiun Halim menuju Stasiun Tegalluar hanya 46 menit

Uji dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang disaksikan oleh Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jiping secara virtual. (dok. YouTube Sekretariat Presiden)

Menurut Eva, pada saat perjalanan, masyarakat juga mengungkapkan rasa kagum dan penasaran untuk menggunakan KA Cepat sehingga memberikan dukungan positif.

"Pada uji coba yang berlangsung perjalanan Jakarta - Bandung dari Stasiun Halim menuju Tegalluar dicapai dalam waktu 46 menit," jelasnya.

Dalam kegiatan uji coba ini, seluruh masyarakat yang terdaftar dalam manifes penumpang mendapat perlindungan asuransi perjalanan. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memastikan keselamatan penumpang.

Baca Juga: 7 Layanan Kereta Penumpang yang Ada di RI, LRT hingga Kereta Cepat

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya