TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sinyal The Fed Pangkas Suku Bunga Bikin Rupiah Menguat Hari Ini

Rupiah menguat 11 poin

ilustrasi rupiah menguat (IDN Times/Aditya Pratama)

Jakarta, IDN Times - Nilai tukar atau rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) mengalami penguatan pada penutupan perdagangan Senin (5/8/2024) sore.

Berdasarkan data dari Bloomberg, mata uang Garuda berada di level Rp16.189 per dolar AS, naik sebesar 11 poin atau 0,07 persen terhadap dolar AS dibandingkan penutupan perdagangan akhir pekan, Jumat lalu.

Baca Juga: Investor Khawatirkan Ekonomi AS Melambat, Rupiah Perkasa Pagi Ini

1. Rupiah menguat signifikan di kurs JISDOR

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menunjukkan penguatan signifikan pada perdagangan Senin, 5 Agustus 2024. Berdasarkan data Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), kurs rupiah di level Rp16.154 per dolar AS.

Dengan kata lain, rupiah menguat sebanyak 80 poin dibandingkan dengan penutupan sebelumnya yang berada di level Rp16.234 per dolar AS pada 2 Agustus 2024.

Baca Juga: Apa Itu Rupiah Digital? Ini Pengertiannya

2. Pelaku pasar mengantisipasi sinyal pemangkasan suku bunga AS

Direktur PT Laba Forexindo Berjangka, Ibrahim Assuaibi menyatakan serangkaian data ekonomi AS yang mengecewakan, terutama terkait aktivitas manufaktur dan pasar tenaga kerja, memicu kekhawatiran ekonomi terbesar di dunia tersebut melambat lebih cepat dari perkiraan sebelumnya.

“Prospek ekonomi yang lebih lemah juga membuat para pedagang memperkirakan potensi pemotongan suku bunga yang lebih dalam oleh Federal Reserve,” ujarnya.

Bahkan, Bank Sentral AS tersebut baru-baru ini mengindikasikan kemungkinan pemotongan suku bunga pada September. Alhasil,

Mereka diperkirakan akan memangkas suku bunga sebesar 50 basis poin padaSeptember dan dapat mengakhiri tahun dengan penurunan suku bunga total sebesar 100 basis poin, berdasarkan data dari CME Fedwatch.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya