TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pengelola TMII Sediakan Bus Gratis Antar Jemput dari Stasiun LRT

Dorong masyarakat pakai kendaraan umum

Rangkaian kereta Light Rail Transit (LRT) Jabodebek berada di kawasan Stasiun Dukuh Atas, Jakarta, Selasa (22/2/2022). LRT Jabodebek direncanakan beroperasi sebagai moda transportasi umum mulai tanggal 17 Agustus 2022 (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Jakarta, IDN Times - PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney bakal menyiapkan bus antar-jemput (shuttle bus) untuk pengunjung Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang berkunjung menggunakan LRT Jabodebek.

Pengunjung bisa turun di Stasiun LRT TMII untuk selanjutnya diantar ke TMII menggunakan shuttle bus. Fasilitas tersebut disediakan untuk mendorong masyarakat menggunakan transportasi publik.

"Jadi dari LRT sini kita akan ada shuttle khusus yang memang regularly (teratur) membawa pengunjung ke sini," kata Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono saat ditemui di TMII, Jakarta Timur, Kamis (24/8/2023).

Baca Juga: Tarif LRT Jabodebek Dinilai Terjangkau buat Masyarakat

1. Shuttle bus disediakan secara gratis

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) kini tengah direvitalisasi. (dok. Humas TMII)

Maya menerangkan bahwa pengelola TMII menyediakan shuttle bus secara gratis kepada para pengunjung. Bus antar-jemput tersebut khusus untuk membawa calon pengunjung.

"Jadi memang kita encourage (mendorong) sih orang untuk naik LRT. Lalu nanti begitu dibuka, diresmikan ada shuttle juga yang khusus aksesnya hanya ke Taman Mini," ujarnya.

2. Keberadaan LRT jadi angin segar buat TMII

Depo LRT Jabodebek di Bekasi, Jawa Barat. (dok. Kemenhub)

PT Bhumi Visatanda (Bhiva), cucu usaha InJourney yang mengelola TMII mendorong konsep inklusi sehingga TMII bisa dinikmati oleh semua orang dan mudah dijangkau.

"Artinya LRT bisa menambahkan akses untuk orang-orang yang tempat tinggalnya jauh dari Taman Mini sehingga semua bisa datang. Apalagi juga kan biayanya terjangkau ya dari Taman Mini," kata Direktur Utama Bhiva, Claudia Ingkiriwang.

Dengan akses kendaraan umum yang semakin memudahkan masyarakat, mereka diharapkan tak menggunakan kendaraan pribadi untuk berkunjung ke TMII.

"Karena kan kita juga jadi membantu mengurangi polusi, jangan semuanya naik mobil," sebutnya.

Baca Juga: Pemerintah Usulkan Diskon atau Promo Tarif LRT Jabodebek

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya