TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Paus Fransiskus Gaungkan Aksi Iklim, Luhut Berterima Kasih

Pesan Paus Fransiskus sejalan dengan komitmen Indonesia

Menko Marves, Luhut Pandjaitan bersama Paus Fransiskus. (Dok. Kemenko Marves)

Intinya Sih...

  • Paus Fransiskus menyerukan perlindungan planet di Graha Pemuda, Katedral Jakarta.
  • Paus Fransiskus akan memimpin misa di Stadion GBK dengan lebih dari 80 ribu umat dan menerima bibit pohon bakau sebagai simbol komitmen terhadap perlindungan keanekaragaman hayati Indonesia.

Jakarta, IDN Times - Dalam kunjungan bersejarahnya ke Indonesia, Paus Fransiskus mengunjungi Graha Pemuda di Katedral Jakarta pada Rabu (4/9/2024) dan menyerukan perlindungan planet.

Kunjungan tersebut bertepatan dengan persiapan Indonesia untuk menggelar Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024. Paus yang dikenal sebagai pendukung aksi iklim, kembali mendesak para pemimpin dunia untuk mematuhi Perjanjian Paris guna membatasi kenaikan suhu global hingga 1,5°C.

"Kami sangat berterima kasih kepada Paus Fransiskus atas komitmennya dalam mengadvokasi aksi iklim dan keberlanjutan," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Pandjaitan dalam keterangannya, Rabu (4/9/2024).

Baca Juga: Luhut Cerita Kedekatannya dengan Ray Dalio, Orang Terkaya ke-124 Dunia

1. Luhut sebut kedatangan Paus Fransiskus jadi pengingat

Menko Marves, Luhut Pandjaitan. (Dok. Kemenko Marves)

Paus Fransiskus, dalam kunjungan dua harinya akan memimpin misa di Stadion GBK Jakarta dengan lebih dari 80 ribu umat. Itu adalah kunjungan pertama Paus ke Indonesia dalam 35 tahun.

Dia juga menerima bibit pohon bakau dari Luhut sebagai simbol komitmen terhadap perlindungan keanekaragaman hayati Indonesia, yang memiliki ekosistem mangrove terbesar dan paling beragam di dunia.

"Saya percaya kunjungannya ke Indonesia menjadi pengingat kuat akan tanggung jawab bersama kita untuk melindungi planet ini bagi generasi mendatang," ujarnya.

Baca Juga: Listrik Berlapis di Kedubes Vatikan Tempat Bermalam Paus Fransiskus

2. Pesan yang dibawa Paus Fransiskus sejalan dengan komitmen Indonesia

Pertemuan Paus Fransiskus dengan kaum muda di Grha Pemuda. (dok. Youtube Komsos KWI Indonesia Papal Visit Committee)

Paus Fransiskus rencananya akan memberikan berkat pada bibit pohon bakau sebelum didistribusikan ke lima lokasi di Indonesia, yaitu Jakarta, Bali, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, dan Sumatra Utara.

Ekosistem mangrove terancam akibat perubahan tata guna lahan, pembangunan pesisir, dan polusi, sehingga gerakan simbolis ini diharapkan berdampak positif bagi perlindungan mangrove.

Kunjungan Paus yang tertunda sejak 2020 karena pandemik COVID-19 merupakan bagian dari tur Asia Tenggara dan Oseania. Pada Hari Bumi, Paus menulis pesan bahwa generasi kita gagal melindungi planet ini dan menyerukan aksi bersama untuk menjaga Bumi.

"Pesan harapan dan persatuan yang dibawa Paus Fransiskus sejalan dengan komitmen Indonesia dalam mendorong agenda keberlanjutan," tuturnya.

Baca Juga: Tuai Penolakan, PP Kesehatan Dinilai Matikan Ekonomi Petani Tembakau

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya