TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Luhut dan PM China Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung Besok

Baru akan dilaunching 1 Oktober

Rangkaian Kereta Cepat Jakarta Bandung. (IDN Times/Uni Lubis)

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bersama Perdana Menteri China Li Qiang akan menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rosan Roeslani mengatakan, mereka akan melakukan uji coba pada Rabu (6/9/2023).

"Jadi, sebetulnya besok rencananya dari Prime Minister China dan juga bersama-sama dengan Pak Menko yang akan melakukan testing dari kereta api cepat, besok tanggal 6," kata Rosan di JCC, Senayan, Jakarta, Selasa (5/9/2023).

Baca Juga: Peresmian Kereta Cepat Molor, Menhub: Gak Terlalu Lama

Baca Juga: Menhub Jajal Kesiapan Kereta Cepat, Tempuh Waktu 50 Menit ke Bandung

1. Baru akan diresmikan pada 1 Oktober

Uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung pada Kamis (22/6/2023). (IDN Times/Uni Lubis)

Meski rencananya Luhut dan PM China akan mengikuti uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung, moda transportasi berbasis rel tersebut baru akan dibuka untuk publik pada 1 Oktober.

"Mengenai kereta cepat rencananya memang kalau launchingnya itu 1 Oktober ya. Tapi rencananya untuk dilakukan testing bersama itu sebetulnya besok tanggal 6 September, waktunya kurang lebih sore hari, tentatif, waktunya akan ditentukan lebih mendalam lagi," ujarnya.

Baca Juga: Ini Alasan Peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung Mundur ke Oktober 

2. Pengoperasian kereta cepat ada potensi mundur

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjajal kereta cepat Jakarta Bandung, Sabtu (2/9/2023). (IDN Times/Uni Lubis)

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengatakan pemerintah belum memastikan peresmian proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Tanggal peresmian baru diperkirakan pada 1 Oktober 2023. Namun, jadwal peresmian tersebut masih bisa berubah atau mundur kembali.

"Paling tidak 1 Oktober ada rencana. Bahwa nanti ada pengunduran gak terlalu lama lah," kata Budi di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (5/9/2023).

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya