TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jokowi Resmikan Pembangunan MRT Tomang-Ujung Menteng

Jokowi mau MRT terus diperluas

Presiden Joko Widodo Canangkan MRT Lin Timur Barat Fase 1 Tahap 1. (dok. MRT Jakarta)

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mencanangkan pembangunan MRT Lin Timur-Barat Fase 1 Tahap 1 di area konstruksi peron Stasiun Thamrin yang akan menjadi titik interkoneksi antara MRT Lintas Utara Selatan dan Timur Barat.

Jokowi mengingatkan tentang keberhasilan pembangunan MRT fase pertama yang telah beroperasi sejak Maret 2019, dengan rute yang menghubungkan Lebak Bulus hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI).

"Fase 1 utara-selatan sudah mengubah wajah Jakarta, sudah mengubah wajah transportasi Jakarta, dan juga negara kita Indonesia," kata Jokowi dalam sambutannya, Rabu (11/9/2024).

1. Jokowi ingin jangkauan MRT Jakarta semakin luas

Presiden Joko Widodo Canangkan MRT Lin Timur Barat Fase 1 Tahap 1. (dok. MRT Jakarta)

Pemerintah saat ini masih melanjutkan pembangunan fase 2A MRT Lintas Utara-Selatan yang akan menghubungkan Bundaran HI dengan Kota. Meski proyek tengah berjalan, pemerintah bertekad untuk terus memperluas jaringan MRT.

Hal itu bertujuan agar transportasi massal di Jakarta semakin terintegrasi. Dia pun menekankan pentingnya memperluas dan memperlebar jangkauan pembangunan MRT guna mendukung kemajuan transportasi di ibu kota.

“Kita ingin memperluas, memperlebar jangkauan pembangunan,” ujarnya.

Baca Juga: Cerita Rano Karno Baru Pertama Kali Naik MRT, Minta Gerbong Ditambah

2. MRT perkuat posisi Jakarta sebagai kota global

Presiden Joko Widodo Canangkan MRT Lin Timur Barat Fase 1 Tahap 1. (dok. MRT Jakarta)

Jokowi menegaskan, pembangunan MRT akan memperkuat posisi Jakarta sebagai kota global dan pusat aglomerasi dengan sistem transportasi publik yang modern.

Dis juga menyampaikan proyek tersebut merupakan langkah penting untuk menciptakan peradaban transportasi yang lebih baik dan berkelanjutan. Peradaban transportasi modern tersebut akan terwujud sepenuhnya setelah seluruh tahap pembangunan MRT selesai.

“Peradaban itu betul-betul peradaban transportasi yang modern, betul-betul hadir setelah MRT itu nantinya selesai semuanya,” tambahnya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya